Wed, 24 Oct 2012 08:28:29 GMT | By Editor Ade Irwansyah, tabloidbintang.com

TAHUKAH ANDA: Kenapa Hampir Semua Bintang Bollywood Lipsync?

Kenapa bukannya para penyanyi playback tampil di layar lebar? Kenapa harus ada aktor dan aktris lipsync?


TAHUKAH ANDA: Kenapa Hampir Semua Bintang Bollywood Lipsync?

BINTANG Bollywood terbesar saat ini, Shahrukh Khan siap konser di Indonesia 8 Desember nanti. Selain SRK, sapaan akrab buat dia, dalam rombonan juga terdapat Preity Zinta dan Bipasha Basu.

Sepanjang 2,5 jam konser yang bertajuk “Temptation Reloaded” itu dijamin megah dan meriah meski SRK dan pengisi acara lain tampil lipsync.

Tunggu, lipsync? SRK tidak menyanyikan lagu-lagu Bollywood sendiri?

Sepertinya banyak yang terkejut mengapa SRK yang punya nama besar melakukan praktek lipsync yang tercela. Melihat reaksi sejumlah pembaca situs ini mengetahui SRK lipsync di konsernya, beberapa di antaranya langsung pasang reaksi merendahkan. Kenapa demikian?

Well, rasanya kita patut disalahkan acara musik di TV yang melulu membiarkan penyanyi tak menyanyikan sendiri lagunya. Alih-alih mendengar suara asli penyanyi, kita malah diputarkan CD saat ia menyanyi sebuah lagu dengan sempurna. Hanya bibir dan mulutnya gerak-gerak mengikuti lirik. Kita pun serta merta menuding, pasti suara si penyanyi aslinya buruk sampai harus lipsync.

Well, bisa jadi iya. Tapi, seperti dikatakan seorang penyanyi pada saya, tak selamanya penyanyi ingin lipsync ketika tampil di TV. Seringkali, katanya, justru stasiun TV yang minta mereka lipsync. Buat TV, lipsync memudahkan proses produksi acara karena tak perlu menyetel alat musik macam-macam setiap satu band/penyanyi hendak tampil. Apalagi, dalam satu acara musik bisa lebih dari lima band/penyanyi jadi bintang tamu.

Nah, sementara itu, praktek lipsync di industri film Bollywood, ataupun perfilman di kawasan Asia Selatan umumnya, bukanlah hal tercela.Ini sudah dianggap jamak. Sebuah film Bollywood biasanya berisi lima atau enam lagu. Umumnya, para aktor dan aktris Bollywood bukanlah penyanyi, melainkan sekadar berakting. Mereka menari, sambil berlari-lari di taman bunga hingga menari dengan latar pedesaan Eropa dan gunung bersalju. Namun Untuk urusan nyanyi diserahkan pada orang lain. Penyanyi asli di sebuah film Bollywood disebut dengan istilah “playback singer”.

Percaya, deh, di Bollywood sana playback singer punya posisi sama terhormatnya dengan para aktor dan aktris.

***

Karena ayah dan ibu suka film India, dari kecil saya kenal nama macam Lata Mangeshkar sebagai playback singer. Belakangan saya tahu Lata adalah nama legendaris di kalangan playback singer. Wanita kelahiran 1929 ini tercatat sudah menyanyi lebih dari 50 ribu lagu buat film India. Kariernya sebagai playback singer di mulai sejak 1942 lewat film Kiti Hasaai. Film berbahasa Hindi pertamanya adalah Aap Ke Sewa Main (1947). Lata punya adik, Asha Basole yang juga menjadi playback singer dan sudah menyanyi puluhan ribu lagu juga.

Selain Lata dan Asha, para playback singer ternama lainnya di antaranya: Dr. Bhupen Hazarika, Mohammed Rafi, KJ Yesudas, Mukesh, Manna Dey, Hemant Kumar, Kishore Kumar, Geeta Dutt, Anuradha Paudwal, S.P. Balasubramaniam, K. S. Chitra , S. Janaki, Swarnalatha, Alka Yagnik, Kavita Krishnamurthy, Udit Narayan, Kumar Sanu, Sonu Niigaam, Shreya Ghoshal dan Sunidhi Chauhan.

Dari telusuran di dunia maya, lagu-lagu di film Shahrukh Khan umumnya dinyanyikan oleh Sonu Niigaam, Abhijeet Bhattacharya , Udit Narayan, hingga Kumar Sanu. Majalah perfilman Bollywood Filmfare, misalnya, menyebut Abhijeet sebagai “Shahrukh Khan’s unofficial voice—suara SRK tak resmi.” Karakter suara Abhijeet memang sama dengan SRK, hingga jika SRK bisa menyanyi akan seperti Abhijeet jadinya.

Misalnya lagi, nama seperti Sonu Niigaam disebut Filmfare sebagai “voice of the present day hero.” Bagi para jagoan dan tokoh protagonis film-film Bollywood masa kini, Niigaam adalah andalan untuk urusan menyanyi.

Melihat fenomena playback singer di industri film Bollywood, pertanyaan yang menggelitik muncul adalah: kenapa bukannya para penyanyi playback tampil di layar lebar? Kenapa harus ada aktor dan aktris lipsync?

Sejak kecil saya selalu menyangka faktor fisik penyanyi asli menjadi penyebab kenapa bukan mereka yang nongol di layar. Membandingkan wajah Kavita Krishnamurthy yang biasa menyanyi untuk Sridevi, misalnya, memang terlihat perbedaan besar. Abhijeet juga tak setampan SRK.

Namun, akhirnya saya sadar, persoalannya bukan semata perbedaan fisik penyanyi asli dan para aktor. Di Bollywood sana, kehadiran playback singer sudah menjadi hal lumrah. Penonton sudah mafhum, dan tak merasa dikhianati saat melihat aktor/aktris pujaannya lipsync di film. Sebelum sebuah film Bollywood beredar, biasanya soundtrack-nya dirilis duluan sambil disebut penyanyi aslinya.

Sebagai catatan kaki penutup tulisan ini, saya hendak katakan: selalu ada pengecualian untuk banyak hal. Termasuk urusan playback singer di perfilman Bollywood. Anda kenal aktor yang kemudian jadi sutradara Kamal Haasan? Selain membintangi film-filmnya, Haasan juga menyanyi. Sementara itu, Shahrukh Khan pun sekali waktu pernah menyanyi sendiri untuk filmnya. Di film Josh (2000), misalnya, SRK nyanyi satu lagu.

Di bawah ada video dari film Chalte Chalte. Lihat betapa Shahrukh Khan begitu menghayati lagunya, membuat kita percaya sungguh dia yang menyanyikannya.

{youtube}ywjuETHIUw4{/youtube}

(ade/ade)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    27 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.514 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.780 respon
  3.  
    13 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    699 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.571 respon

Total Respon: 5.564
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...

Berita Televisi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft