http://www.kapanlagi.com/
Wed, 05 Sep 2012 19:22:00 GMT | By Editor KapanLagi.com, Televisi

Sarat Hujatan, 'Indonesia Lawyers Club' Ditegur KPI

Acara talkshow dengan host Karni Ilyas, Indonesia Lawyers Club mendapat teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Acara yang tayang di TVOne itu mendapat surat teguran nomor 525/K/KPI/09/12 tertanggal 4 September 2012, lantaran dinilai sarat hujatan dan kecaman.


Sarat Hujatan, 'Indonesia Lawyers Club' Ditegur KPI

Acara talkshow dengan host Karni Ilyas, Indonesia Lawyers Club mendapat teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Acara yang tayang di TVOne itu mendapat surat teguran nomor 525/K/KPI/09/12 tertanggal 4 September 2012, lantaran dinilai sarat hujatan dan kecaman.

Tayangan pada 28 Agustus 2012 pukul 19.31 WIB menampilkan adegan salah satu narasumber Indra Sahnun Lubis yang mengomentari pernyataan Denny Indrayana. Saat itu pembicaraan sedang membahas komentar Wakil Menteri dengan tema Advokat Koruptor = Koruptor.

" Kalau seperti yang dikatakan Denny ini, pantasnya itu sebagai penjaga masjid aja lah... Kalau lihat dari mukanya dan matanya berbicara.. saya lihat seperti ada gangguan jiwa pada dirinya," ungkap pengacara Indra Sahnun Lubis saat itu.

KPI menilai bahwa pembawa acara telah melakukan pembiaran terhadap pernyataan narasumber yang mengandung penghinaan terhadap orang atau kelompok masyarakat tertentu. Pernyataan tersebut baru dihentikan oleh pembawa acara setelah salah satu peserta talkshow, yakni Sujiwo Tejo melakukan protes terhadap komentar tersebut.

Pada adegan lain, Indra Sahnun Lubis juga menghujat secara fisik kepada Denny Indrayana. " Jadi nggak pantaslah dia jadi Wamen... dari orangnya... bentuk tubuhnya... nggak pantas..," kata Indra Sahnun Lubis.

Pada adegan lain juga ditayangkan, saat narasumber lain yakni Hotman Paris Hutapea yang juga mengomentari pernyataan Denny dengan nada hujatan. " Ini sudah bukti nyata, pada saat dia masih miskin, pada saat dia belum dapat jabatan, dia begitu gencar menyerang istana..," ungkap Hotman.

Pada adegan lain Hotman Paris mengomentari kepribadian Denny sewaktu dia memukul petugas LP dan kemudian meminta maaf, " Dia itu ngomong nggak pakai otak" .

Jenis pelanggaran tersebut dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan kepada orang dan/atau masyarakat tertentu dan norma kesopanan yang ditayangkan oleh lembaga penyiaran.

Program tersebut telah mendapatkan dua kali surat peringatan dari KPI. Pihak TVone diminta segera melakukan perbaikan internal pada program untuk memastikan agar penayangan adegan yang melanggar P3 dan SPS tidak terulang kembali.

Tindakan penayangan adegan tersebut telah melanggar P3 Pasal 9 serta Pasal 15 ayat (1) huruf a,c,f dan ayat (2) serta SPS Pasal 9 serta Pasal 17 ayat (1) dan ayat (2) huruf a, d, dan g. (kpl/dar)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    811 respon
  2.  
    2 %
    Eddies Adelia
    148 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    805 respon
  4.  
    41 %
    Dewi Sandra
    2.763 respon
  5.  
    9 %
    Rizty Tagor
    576 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    711 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    852 respon

Total Respon: 6.666
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video

lainnya...

Berita Televisi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft