http://www.kapanlagi.com/
Mon, 02 Jul 2012 19:37:00 GMT | By Editor KapanLagi.com, Selebriti

Mandra: Orang Betawi Bukan Preman!

Bangga dengan identitas sebagai orang Betawi asli, Mandra menegaskan walaupun penampilan terlihat galak, mereka bukanlah preman.


Mandra: Orang Betawi Bukan Preman!

Komedian Betawi H. Mandra mengaku sangat risih dengan adanya organisasi-organisasi yang mengatasnamakan Betawi dan melakukan tindakan kekerasan. Katanya, hal itu akan memperjelek kebudayaan Betawi. Padahal, kebudayaan Betawi tak pernah mengenal kekerasan.

" Orang Betawi tidak ada yang mengandalkan premanisme. Biar pakai baju hitam, pake golok, tapi orang Betawi mencintai budaya," ujar H Mandra saat ditemui di peresmian PANGSI kota Depok di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/6).

Bintang yang dikenal di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN ini memang baru saja meresmikan Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi (PANGSI) kota Depok. Menurutnya, ini dilakukan demi melestarikan kebudayaan Betawi.

" Lebih baik saya berbuat daripada makin abis. Paling tidak, anak-anak kita sudah mulai menjalani, mempelajari, mengenal kebudayaan Betawi," ujar Mandra.

Meski didirikan baru 7 bulan, sudah nampak terasa animonya. Beberapa kesenian yang hilang mulai muncul, yang remang makin terang. Menariknya lagi makin banyak anak yang mau terlibat untuk turut serta mengembangkan budaya ini.

" Kalau kesulitan sudah pasti ada, tantangan pasti ada. Kayak baru 7 bulan aja responnya baik, itu tantangan masing-masing sanggar, kewajiban kita memperkenalkan kepada anak-anak," ujar Mandra.

Lantas mengapa hanya di kota Depok? " Kita memang buat di Depok dulu, nanti kita akan melebarkan sayap seperti Tangerang, Bekasi dan Jakarta tentunya. Sepetak-sepetak dulu. Lebih baik berbuat daripada tidak sama sekali," pungkas Mandra. (kpl/adt/rea)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    431 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    701 respon
  3.  
    52 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.534 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    345 respon

Total Respon: 3.011
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft