http://www.kapanlagi.com/
Mon, 02 Jul 2012 19:37:00 GMT | By Editor KapanLagi.com, Selebriti

Mandra: Orang Betawi Bukan Preman!

Bangga dengan identitas sebagai orang Betawi asli, Mandra menegaskan walaupun penampilan terlihat galak, mereka bukanlah preman.


Mandra: Orang Betawi Bukan Preman!

Komedian Betawi H. Mandra mengaku sangat risih dengan adanya organisasi-organisasi yang mengatasnamakan Betawi dan melakukan tindakan kekerasan. Katanya, hal itu akan memperjelek kebudayaan Betawi. Padahal, kebudayaan Betawi tak pernah mengenal kekerasan.

" Orang Betawi tidak ada yang mengandalkan premanisme. Biar pakai baju hitam, pake golok, tapi orang Betawi mencintai budaya," ujar H Mandra saat ditemui di peresmian PANGSI kota Depok di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/6).

Bintang yang dikenal di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN ini memang baru saja meresmikan Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi (PANGSI) kota Depok. Menurutnya, ini dilakukan demi melestarikan kebudayaan Betawi.

" Lebih baik saya berbuat daripada makin abis. Paling tidak, anak-anak kita sudah mulai menjalani, mempelajari, mengenal kebudayaan Betawi," ujar Mandra.

Meski didirikan baru 7 bulan, sudah nampak terasa animonya. Beberapa kesenian yang hilang mulai muncul, yang remang makin terang. Menariknya lagi makin banyak anak yang mau terlibat untuk turut serta mengembangkan budaya ini.

" Kalau kesulitan sudah pasti ada, tantangan pasti ada. Kayak baru 7 bulan aja responnya baik, itu tantangan masing-masing sanggar, kewajiban kita memperkenalkan kepada anak-anak," ujar Mandra.

Lantas mengapa hanya di kota Depok? " Kita memang buat di Depok dulu, nanti kita akan melebarkan sayap seperti Tangerang, Bekasi dan Jakarta tentunya. Sepetak-sepetak dulu. Lebih baik berbuat daripada tidak sama sekali," pungkas Mandra. (kpl/adt/rea)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    665 respon
  2.  
    1 %
    Eddies Adelia
    113 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    669 respon
  4.  
    42 %
    Dewi Sandra
    2.309 respon
  5.  
    9 %
    Rizty Tagor
    479 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    607 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    715 respon

Total Respon: 5.557
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft