http://www.kapanlagi.com/
Wed, 14 Dec 2011 05:45:00 GMT | By Editor KapanLagi.com, Selebriti

Indonesia Diserbu 1000 Robot Dari 13 Negara

Pencipta lagu hits Aku Melangkah Lagi, yang dilantunkan penyanyi Vina Panduwinata tahun 1984 silam, Ir. Santoso Gondowidjojo, GD. Mus, yang juga Founder & General Chairman of Robot Organizing Committee Indonesia (ROCI) bangga Indonesia menjadi tuan rumah ajang International Robot Olympiad (IRO) ke-13 yang digelar di Universitas Tarumanegara Jakarta, 15 - 18 Desember 2011 mendatang.


Indonesia Diserbu 1000 Robot Dari 13 Negara

Pencipta lagu hits Aku Melangkah Lagi, yang dilantunkan penyanyi Vina Panduwinata tahun 1984 silam, Ir. Santoso Gondowidjojo, GD. Mus, yang juga Founder & General Chairman of Robot Organizing Committee Indonesia (ROCI) bangga Indonesia menjadi tuan rumah ajang International Robot Olympiad (IRO) ke-13 yang digelar di Universitas Tarumanegara Jakarta, 15 - 18 Desember 2011 mendatang.

Sekitar 1000 dari 13 Negara termasuk di antaranya 200 lebih robot karya rakitan tunas muda Indonesia, dipastikan siap bersaing dalam ajang yang diprakarsai International Robot Olympiad Committee (IROC) yang bermarkas di Korea. Event ini merupakan ajang bergengsi kompetisi Robot dunia yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Setelah tahun lalu digelar Queensland di Australia 14 - 17 Desember 2010, kali ini giliran Indonesia sebagai tuan rumah dan penyelenggaraannya dipercayakan kepada (ROCI), dan didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia.

" IRO sebagai event tahunan yang digelar sejak tahun 1999, dirancang sebagai wadah untuk mengembangkan ide para siswa sekolah dasar, menengah dan tingkat atas di seluruh dunia," ujar Ir. Santoso Gondowidjojo, GD. Mus di Jakarta, Selasa (13/12).

Lewat ajang IRO 2011, tambahnya, diharapkan menjadi momentum pemicu makin banyak lahirnya Roboticist muda Indonesia berprestasi khususnya, dan dunia pada umumnya. Sebab, IRO selama ini juga berfungsi sebagai ajang promosi bagi industri Robot untuk Hunting Tallent sekaligus memamerkan berbagai produk terbarunya.

Santoso yang didampingi Christine Kim - wakil dari IROC Korea, Anton Nangoy, Prabowo dari Untar serta Lolita Zusye - Public Relation Division IRO 2011 menambahkan, kendati baru pertama kali jadi tuan rumah, karya-karya Robot rakitan tunas muda Indonesia beberapa tahun terakhir terbukti sudah diperhitungkan di ajang kompetisi Robot tingkat dunia. Terakhir, pada ajang IRO ke 12 di Australia akhir tahun lalu, tim Indonesia tampil sebagai juara pertama dan membawa pulang medali Emas pada kategori Junior Creative Robot. Plus satu medali Perunggu dan medali Spesial Award serta tujuh Technical Award.

" Mudah-mudahan, lewat penyaringan ketat tingkat nasional pada acara Indonesia ICT Award (INAICTA) 2011 di JCC Senayan - Jakarta, beberap waktu lalu - sekitar 300 kontestan dari negara kita, telah benar-benar siap bersaing dengan 700 robot dari 12 negara lainnya untuk meraih juara IRO yang tahun ini melombakan 14 kategori," terang Santoso.

Mengusung tema Robot for Helping People from Natural Disaster, IRO 2011 melombakan 14 kategori. Masing-masing Non-Programmed Line Tracer, Non Program Racing, Prison Break Robot (Wheel), Prison Break Robot (Legged), Transporter, Robot Dancing, Robot Mission, Push Out Robot, Robot Run, Robot In Movie, Robot Survival. Dan dua kategori baru, Energy Saving Robot merupakan bentuk kepedulian Indonesia pada dampak rumah kaca dan konsentrasi pada pelestarian lingkungan. Sedangkan kategori Robot Indonesian bertujuan sebagai promosi budaya Indonesia di kancah internasional.

" Sesuai tema sentral yang diusung, pada olimpiade internasional kali ini diharapkan banyak muncul teknologi Robot yang dapat diaplikasikan untuk penanggulangan bencana alam. Yang saat ini sering terjadi di beberapa negara, khususnya di Indonesia," katanya.

Selain kompetisi Robot dan pameran inovasi teknologi Robot, bagi pemerhati teknologi, desain, dan hobi utak-atik Robot, maupun ingin menambah wawasan berkaitan dengan perkembangan Robot dunia terkini, dapat mengikuti " Internasional Symposium on Robot Education. Juga digelar di Universitas Tarumanegara Jakarta, 15 - 17 Desember 2011.

Menurut rencana, Menko Kesra Agung Laksono akan menutup kompetisi IRO 2011 di Balai Kartini Jl. Gatot Subroto Jakarta, pada Minggu malam tanggal 18 Desember mendatang. " Sekaligus menyerahkan medali dan penghargaan kepada Roboticist berprestasi dari 13 negara," ujar Lolita Zusye pekerja sosial yang akrab disapa Bunda Lolita itu. (kpl/adt/sjw)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    15 %
    Tetap menjadi motivator
    254 respon
  2.  
    25 %
    Berhenti menjadi artis
    411 respon
  3.  
    49 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    808 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    179 respon

Total Respon: 1.652
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft