Republika Online
Updated: Sat, 10 Nov 2012 16:57:14 GMT

Ngayogjazz 2012, Pesta Jazz yang Unik Gaya Yogyakarta



Ngayogjazz 2012, Pesta Jazz yang Unik Gaya Yogyakarta

Ngayogjazz 2012, Pesta Jazz yang Unik Gaya Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Yogyakarta kembali menggelar pesta jazz tahunan betajuk Ngayogjazz 2012. Sebagaimana perhelatan yang digelar sebelumnya, Ngajogjazz berlangsung di tempat yang 'tidak biasa' dan selalu berada di tengah masyarakat.

Bila tahun lalu Ngajogjazz digelar di sebuah lapangan di Kotagede, Yogyakarta, tahun ini berlangsung di lapangan desa Brayut, Pendowoharjo, Sleman Yogyakarta. Desa Brayut merupakan salah satu desa wisata di Yogyakarta. Ngajogjazz mendapat dukungan dari Kemenparkeraf.

Sejak kehadiran petama kali, Ngayogjazz mengusung tema yang berlainan setiap penyelenggaraannya, dan selalu berkesinambungan. Tahun 2011 mengusung tema "Nandoer Jazz ing Pakarti". Thema ini, ternyata, "plesetan" dari peribahasa Jawa "nandur woh ing pakarti".

Dengan mengusung thema ini, ada harapan bahwa musik jazz menanamkan nilai-nilai musik jazz itu sendiri yang diterapkan dalam kehidupan bermusik maupun sehari hari. Tahun 2012 mengambil tema "Dengan Jazz Kita Tingkatkan Swasembada Jazz". Ia diambil dari suatu jargon pembangunan.

Dengan thema ini ada harapan para musisi-musisi jazz, terutama generasi muda yang telah bersemai di Ngayogjazz bisa mandiri mengembangkan kehidupan bermusiknya, baik dalam kreatifitasnya maupun karir bermusik mereka.

Tidak hanya para musisi, beberapa Komunitas Jazz di berbagai kota yang sudah terbentuk pun sudah mulai menampakkan keseriusan dalam mengelola komunitas mereka sehingga menghasilkan juga musisi-musisi jazz dan group-group jazz baru.

Perkembangan musik jazz di Indonesia juga sangat luar biasa dalam sepuluh tahun terakhir ini, banyak group yang sudah bereputasi dunia dan rekaman musik jazz sudah meningkat pesat tiap tahun.

Sejulah musisi jazz nasional, regional maupun lokal akan tampil dalam Ngajogjazz 2012. Mereka antara lain, ESQI:EF (Syaharani and Queenfireworks), Benny Likumahuwa, Barry Likumahuwa Project, Idang Rasjidi, Irianti Erningpraja, Eramono Soekaryo, Rio Sidik, Erik Sondhy, Indro Hardjodikoro, Toninho Horta, Jen Shyu, Sinten Remen, Shadow Puppet, I Know You Well Miss Clara, Ketzia, Kampayo.

Belasan komunitas Jazz di berbagai kota juga akan tampil. Antara lain Komunitas Jazz Jogja, Komunitas Jazz, Solo Jazz Society ,Jazz Ngisor Ringin Semarang. Pesta Jazz Yogyakarta ini akan digelar pada hari Minggu 18 November 2012 dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00. Pengunjung tak dipungut biaya untuk Ngajogjazz 2012.

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    413 respon
  2.  
    24 %
    Berhenti menjadi artis
    675 respon
  3.  
    51 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.456 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    327 respon

Total Respon: 2.871
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft