okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 06 Nov 2012 10:33:00 GMT | By syukri, okezone.com

Nama Wali yang Membawa Berkah



Nama Wali yang Membawa Berkah

MERAIH kesuksesan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pengalaman yang dijalani Wali, butuh waktu hampir 10 tahun bagi mereka untuk mencapai tangga kesuksesan.

Tak banyak yang tahu jika band yang digawangi Apoy, Faank, Tomi, dan Ovie itu telah berjuang sejak tahun 1999. Tepatnya, 31 Oktober 1999, mereka mendidikan band Fiera. Saat itu, personel Fiera adalah Faank (Vocal), Tomi (Drum), Endang (Bass), Raden (Guitar II), dan, Apoy (Guitar I).

FIERA terus melewati berbagai perubahan pemahaman dan keinginan baik secara institusi maupun personal. Ada yang pergi dan ada yang datang. Pada tahun 2007 awal, Endang dan Raden akhirnya tak dapat bergabung lagi bersama FIERA karena kesibukan masing-masing. Sebuah pukulan telak adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi FIERA saat itu.

Saat hendak menggantikan posisi gitaris II sempat ada perdebatan apakah mencari pemain gitar lain, atau memasukkan instument lain. Dengan segala efisiensi, perdebatan memutuskan memasukkan instument lain, yaitu keyboard synthetizer. Mereka pun memilih Ovie, yang merupakan keyboardist pengirim paduan suara Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat.

Personel Fiera pun kini menjadi Faank (Vocal), Apoy (Guitar/songs Writer), Tomi (Drum), & Ovie (Keyboard & Synt).

Tahun 2007, Fiera diminta berganti nama menjadi Wali. Faank, sang vokalis, dan rekan-rekan mengaku awalnya berat hati mengganti nama band yang sudah mereka gunakan selama 8 tahun itu.

Kemudian, mereka melihat di kamus dan mendapatkan arti kata Wali yang artinya Wakil dan bermakna positif, personel Fiera pun mengamini penggantian nama tersebut.

"Mudah-mudahan dengan arti begitu (wakil), kami dapat mewakili perasaan orang-orang melalui lagu," kata pria bernama Farhan Zainal Muttaqin alias Faank saat berbincang dengan Okezone.

Selain nama Wali, Faank menyebut alternatif lainnya adalah Sembilan dan sejumlah nama lainnya. Setelah perdebatan panjang, mereka pun menerima nama tersebut. Nama Wali juga sebenarnya tak hanya digunakan di satu agama saja, semua agama menggunakan kata yang berasal dari bahasa Arab itu.

Pertengahan tahun 2007, mereka pun diterima major label Nagaswara. Mereka pun mengeluarkan single "Egokah Aku" dan "Dik" yang langsung diterima pasar dengan baik. Kedua lagu tersebut masuk ke dalam album Orang Bilang (2008).

Sesuai namanya, Wali kini berhasil menjadi wakil perasaan masyarakat Tanah Air melalui lagu-lagu mereka. Di antaranya adalah "Cari Jodoh", "Aku Bukan Bang Toyib", dan "Ingat Shalawat".

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    15 %
    Tetap menjadi motivator
    254 respon
  2.  
    25 %
    Berhenti menjadi artis
    411 respon
  3.  
    49 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    810 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    179 respon

Total Respon: 1.654
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video musik

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft