okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 28 Aug 2013 06:27:51 GMT | By nisa, okezone.com

Jerinx "Superman Is Dead" Gandeng Musisi Bali Tolak Reklamasi



Jerinx "Superman Is Dead" Gandeng Musisi Bali Tolak Reklamasi

DENPASAR - Jerinx "Superman is Dead" menggandeng puluhan musisi Bali menciptakan lagu berisi sikap penolakan terhadap rencana reklamasi di Teluk Benoa, Bali.

Lewat lagu bertajuk "Bali Tolak Reklamasi", Jerinx mengajak seniman, aktivis dan elemen masyarakat lainnya menyatukan sikap menolak reklamasi yang dinilai akan menghancurkan Pulau Dewata itu.

Pentolan grup Superman is Dead itu mengaku tidak khawatir terhadap sinisme atau cibiran atas sikapnya bersama generasi muda lain yang menyuarakan penolakan reklamasi lewat lagu.

"Biasa lah, yang namanya sinisme selalu ada. Yang penting konsistensi kita untuk terus memperjuangkan apa yang kita yakini benar," ujarnya dalam jumpa pers di Denpasar, Rabu (28/8/2013).

Meski banyak orang mengganggap sinis para generasi muda yang melakukan langkah penyelamatan Pulau Bali dari kerusakan, Jerinx meyakini suatu saat mereka akan sadar sendiri.

"Saya yakin suatu saat mereka sadar, cuma waktu yang bisa menjawabnya," imbuhnya.

Lagu keroyokan musisi Bali ini terlahir saat mereka tengah aktivis lainnya berdemo menolak langkah Gubernur Bali yang berencana mereklamasi perairan Teluk Benoa di Kecamatan Kuta Salatan, Kabupaten Badung.

Sekira 25 musisi, dan karya mereka telah diunggah ke YouTube selama sepekan lalu. Hingga saat ini, lagu mereka telah disaksikan 14 ribu orang lebih. Lagu yang liriknya diciptakan Gung Alit dan musiknya digarap Nosstress ini juga baru diedarkan melalui jejaring sosial.

Secara keseluruhan, lirik lagu itu mengingatkan semua pihak untuk menjaga Bali jangan dijual murah kepada investor. Jangan merusak Bali lewat tangan-tangan investor.

Musisi Bali itu juga mengingatkan pemerintah jangan hanya tunduk kepada investor yang berinvestasi di Bali.

Lagu itu dinyanyikan puluhan musisi secara choir, menggunakan alat musik seperti gitar akustik, perkusi, suling dan drum.

"Kami berencana nanti konser untuk menggalang masa, meminta dukungan para musisi, dan sebagainya," ungkapnya didampingi Direktur Dewan Daerah Walhi Bali Wayan Gendo Suardana.

Dalam kesempatan itu, Gendo menyatakan, perlawanan atas ketidakadilan dan ketidakbenaran adalah hak setiap orang.

"Kami ingin menyampaikan pesan bahwa perbedaan atau perlawanan jangan sampai dilakukan dengan cara-cara kekerasan fisik saja melainkan dengan seni musik itu akan lebih indah," imbuhnya.

Dia berharap, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendengarkan aspirasi para seniman musik di Bali.

"Ini bukti dukungan nyata perlawanan terhadap reklamasi semakin banyak di masyarakat. Mereka sebenarnya menolak, namun tidak memiliki ruang cukup untuk mengekspresikannya," tutupnya.

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    28 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.315 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.462 respon
  3.  
    12 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    578 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.336 respon

Total Respon: 4.691
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video musik

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft