okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 05 Feb 2013 12:12:30 GMT | By tomi, okezone.com

Band Trash Metal Rotor Siapkan Album Bernapaskan Islami



Band Trash Metal Rotor Siapkan Album Bernapaskan Islami

JAKARTA _ "Mati suri" selama kurang lebih 15 tahun, band thrash metal Rotor kini bangkit dari tidurnya. Mereka merilis sebuah album bernapaskan Islami, namun dibalut nuansa metal.

Rotor adalah band thrash metal Indonesia pertama yang berhasil masuk dapur rekaman. Band ini didirikan oleh Irfan Sembiring (gitar, vokal) pada tahun 1992. Irfan awalnya bermain dengan Sucker Head. Dia mengajak Judhapran (bass), dan Bakkar Bufthaim (drum), untuk mengendalikan Rotor. Kemudian masuk Jodie sebagai vokalis.

Perjalanan Rotor pun terbilang cukup cepat untuk meraih sukses. Pada tahun 1993, pelantun "My Name is Santet" ini dipercaya membuka konser Metallica di Stadion Lebak Bulus. Sayangnya, perjalanan pemilik debut album Behind the 8th Ball ini tidak berlangsung lama. Pasalnya, selain pergantian personel, dua anggotanya meninggal akibat narkoba (Judhapran meninggal dunia pada 1998 karena overdosis, disusul dengan meninggalnya Jodie).

Band yang pernah mengadu nasib di California, Amerika Serikat, namun gagal ini menyisakan personel Irfan Sembiring kini hadir dengan formasi baru, Irfan menggandeng teman-teman tongkrongannya sesama band metal, yakni Ucok (gitar), Ungki (vokal), Rifi (bass), dan Bakkar (drum). Mereka kembali memersiapkan sebuah album kelima yang sebagian track menggaungkan lirik Islami. Apalagi, Irfan yang dulunya bengal sejak 1999 memutuskan bertobat dan mendalami ajaran agama Islam dengan sungguh-sungguh.

Walau liriknya religius, tapi musik mereka masih sama seperti dulu. Mereka menggunakan ayat-ayat suci dalam Al-Quran dalam terjemahan bahasa Inggris.

"Albumnya nanti bakalan ada dua lirik, Indonesia dan Inggris. Kalau yang Inggris ini liriknya serius (islami). Gue enggak bikin liriknya, soalnya cuma copy paste dari Al-Quran yang Inggris version. Jadi isinya yang ada di Al-Quran, religius," ungkap Irfan saat berbincang dengan Okezone, di Jakarta, Senin (4/2/2013).

Saat ditanya apakah ada tokoh agama yang keberatan dengan apa yang dilakukan Rotor, mengadopsi lirik-lirik ayat suci ke lagu metal mereka, Irfan meyakini tak ada yang komplain.

"Di sini enggak ada yang ngeh (sadar), dulu pernah juga. Jadi enggak ada yang komentar apa-apa," akunya.

Yang dimaksud Irvan salah satunya single "Eleven Keys" yang masuk dalam album berjudul sama, rilis pada 1995. Mereka juga memberi bocoran album kelima akan rilis pada akhir tahun ini.

Irfan yang sekarang sering hadir di Masjid Imam Bonjol, atau Masjid Al-Ittihad di dekat Cinere Mall ini pada 2010 sempat membuat proyek bernama IRS (diambil dari namanya Irfan "Rotor" Sembiring). IRS merilis beberapa buah lagu yang syairnya merupakan adaptasi dari kitab suci Al Quran.

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    27 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.523 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.787 respon
  3.  
    13 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    705 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.578 respon

Total Respon: 5.593
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video musik

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft