Tue, 31 Jul 2012 13:59:22 GMT | By Fachrul Adcha / PlasaMSN Entertainment
Mengenang Pembakaran Album The Beatles

The Beatles



The Beatles (© Free Images)
Next
Previous
Previous
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
  • The Beatles (© Free Images)
Next
Free ImagesShow Thumbnails
Previous1 of 19Next
Bagikan Galeri ini

Peristiwa Pembakaran Album The Beatles

Pada 31 Juli 1966, terjadi pembakaran album The Beatles besar-besaran di Birmingham. Aksi pembakaran tersebut dipicu oleh pernyataan kontroversial John Lennon dalam sebuah wawancara dengan London Evening Standard pada 4 Maret 1966 yang berkata:

"Agama Kristen akan berlalu. Agama itu akan mengecil dan hilang. Saya tidak perlu berargumen tentang hal itu. Saya benar dan akan terbukti benar. Kami lebih populer dari Yesus sekarang. Saya tidak tahu yan gmana yang akan tumbang lebih dahulu - rock n roll atau Kristen. Yesus masih oke, tetapi murid-muridnya lah yang keras kepala dan orang biasa saja. Perubahan-Perubahan yang mereka buat yang telah merusak semuanya."

Pernyataan tersebut, yang merupakan bagian dari wawancara sepanjang dua halaman tersebut, tidak dihiraukan di Inggris pada saat itu.

John berkata bahwa The Beatles lebih populer dari Yesus, yang berarti bahwa agama Kristen (dan agama lainnya secara umum) menjadi lebih lemah dan tidak populer sampai grup rock seperti The Beatles menjadi lebih populer dari pada mereka pada saat itu. Dia mengeluarkan pernyataan itu sebagai contoh atas maksudnya, bahwa agama Kristen tidak populer di antara anak muda, dan dia tidak bermaksud membandingkan The Beatles dengan Yesus atau bahwa dirinya lebih hebat dari Yesus. Tetapi ketika pernyataan di atas dicetak di sebuah majalah remaja di Amerika Serikat bernama "Datebook" beberapa bulan kemudian, kehebohan besar pecah.

Stasiun radio AS melarang diputarnya lagu The Beatles. Beberapa bahkan membakar foto dan album Beatles, dan terlihat anak-anak muda menginjak-injak album Beatles, memegang foto Beatles yang sedang terbakar sambil tersenyum dan memegang spanduk bertuliskan "Yesus mati untuk Anda John Lennon" dan "John Lennon itu Setan!" (Kami masih sering mendengar orang berkata bahwa The Beatles itu "antikristus" sampai saat ini, tetapi tampaknya Tuhan memihak kepada The Beatles, karena salah satu stasiun radio yang mengorganisir pembakaran album tersebut tersambar petir keesokan paginya, yang menghancurkan peralatan stasiun tersebut dan dikabarkan turut menghantam direktur pemberitaan stasiun tersebut sampai tak sadarkan diri!)

Seorang anggota Ku Klux Klan berkata bahwa The Beatles kemungkinan telah "dicuci otaknya oleh para komunis." Dengan tur AS The Beatles hanya tinggal beberapa hari lagi, manajer band tersebut, Brian Epstein, berkata kepada American Press bahwa pernyataan John sangat disalah artikan. Tetapi masyarakat yang membakar album The Beatles tidak mengerti, atau tidak mau mengerti.

Setelah mereka tiba di AS, The Beatles mengadakan konferendi pers. Untuk pertama kalinya tidak ada pertanyaan tentang gaya rambut mereka, atau kapan mereka akan menikah. John dan anggota The Beatles lainnya duduk bersama dan menjawab pertanyaan seputar pernyataan "Yesus" John, dan mencoba menjelaskannya ke wartawan AS.

Masyarakat yang marah masih tidak mau mengerti (yang terbukti dengan masyarakat agamis yang membenci John dan mengatakan pernyataannya adalah "penghujatan"). Tetapi, saat surat kabar mencetak bahwa John Lennon telah meminta maaf (yang memang dia lakukan, secara tidak langsung), masyarakat mulai tenang. Tetapi kehebohan tersebut berdampak besar terhadap menurunnya minat di tur The Beatles.

0Komentar

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    428 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    698 respon
  3.  
    52 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.528 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    344 respon

Total Respon: 2.998
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Galeri Foto Lainnya

video

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft