Wed, 29 Aug 2012 10:58:56 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

Sinetron "Intan" Kembali Tayang di RCTI Mulai Hari Ini

DUDE Harlino dan Naysilla Mirdad masih menjadi salah satu pasangan layar kaca yang kehadirannya selalu diharapkan pencinta sinetron.


Sinetron "Intan" Kembali Tayang di RCTI Mulai Hari Ini

DUDE Harlino dan Naysilla Mirdad masih menjadi salah satu pasangan layar kaca yang kehadirannya selalu diharapkan pencinta sinetron.

Sudah banyak sinetron yang mempersatukan DuNay, kependekan Dude-Naysilla,seperti; Cahaya, Dia Jantung Hatiku, Doa dan Karunia, dan Dewa. Namun tentu ada satu judul yang tak bisa dilupakan; Intan. Sinetron yang pertama tayang tahun 2006 menjadi pertemuan pertama Dude-Nay di kancah sinetron. Tak hanya itu, kesuksesan Intan menjadi acara nomor 1 di RCTI kala itu, membuat stasiun TV lain memasang sinetron stripping pada jam yang sama.

Kabar gembira bagi Anda yang merindukan sinetron Intan. Mulai hari ini, Rabu (29/8), RCTI kembali menayangkan sinetron Intan. Sinetron berjumlah 263 episode ini tayang setiap Senin-Jumat pukul 10.00 WIB.

Sambil mengenang Intan, kami hadirkan tulisan yang pernah dimuat tabloid Bintang 3 tahun silam:

Chemistry Bikin Intan Tak Membosankan

cewek berambut panjang itu seolah tak percaya saat seorang kru memberitahu, sinetron yang dibintanginya, Intan, produksi SinemArt, menempati posisi pertama dalam perolehan rating hasil survey AC Nielsen dengan rating 9,2persen share 38 persen (periode 7-13 Januari untuk episode 62-68). "Masak Nay baru tahu, padahal 'kan syutingnya udah dari pagi," celetuk seorang kru.

Ya, Naysilla Mirdad - nama cewek itu yang berperan sebagai Intan - wajar saja senang. Buat Nay, ini sinetron keduanya yang mencapai prestasi membanggakan, setelah dua tahun lalu di Liontin bersama kakaknya, NanaMirdad. "Senang banget pastinya," sergah Nay manja.

Tidak hanya Nay yang senang, semua pemain, kru, astrada, sutradara, hingga produser juga merasakan hal yang serupa. "Saya senang masyarakat bisa menerima Intan. Kerja keras kami syuting sampai pagi, ternyata adahasilnya," kata sutradara Doddy Janas yang mengaku baru pertama kali menggarap sinetron SinemArt.

Sama dengan Doddy, Dude Harlino yang berperansebagai Rado bangga sinetronnya mendapat apresiasi bagus masyarakat. Bagi Dude, ini sinetron kesekiannya yang menempati rating nomor satu. Sepertiyang sudah-sudah, Dude tetap menganggap sukses itu hasil kerjasama tim,bukan kerja dirinya sendiri.

Dude benar. Saat bintang ke lokasi syutingIntan, Rabu (17/1) malam lalu, di Studio Persari Jakarta, tampak semuapihak yang terkait dengan produksi sinetron itu bahu membahu membuat Intanagar tetap menjadi tontonan utama penonton sinetron Indonesia.

Lantas, di mana letak kesuksesan Intan, selain faktor pemain-pemainnya yang sudah tak asing lagi, seperti Meriam Bellina, Nani Wijaya, dan Umar Lubis? Ya, seperti diketahui, mereka artis langganan SinemArt yang kerap menuaisukses di sinetronnya. Yang lebih penting dari itu, alur cerita Intan benar-benar enak ditonton. Lho itu kan menjiplak serial Korea berjudul Be Strong Geum Soon (BSGS)?

Tidak keliru sama sekali. Hanya saja, menurutDoddy, ia tidak pernah terpengaruh sama sekali dalam proses pengambilangambarnya. Dengan menggunakan dua kamera, Doddy mampu mengemas sinetronyang tayang setiap hari di RCTI pukul 18.00-19.00 WIB ini secara menarik,sesuai feel yang didapat. Tidak sulit bagi Doddy mengarahkan semua pemainIntan.

"Chemistry pemain ketemu semua," kata Doddy. "Saya tidak akan pernah mau tahu dengan hal itu (Intan jiplakan BSGS). Kalau saya tahu, saya akan sangat terpengaruh. Saya menggarap sesuai visi saya," terang Doddy yangmenjamin adegan di Intan tidak sama dengan BSGS.

Sebenarnya main chemistry itu ada pada kedua pemain utamanya, Naysilla dan Dude. Akting mereka begitu alami, tidak dibuat-buat. "Ketika lawan mainnya udah enak, kita mengeksplor dan berimprovisasinya nggak ada masalah," tutur Dude yang namanya diambil dari tanggal lahirnya Dua Desember. Satu lagi yang membuat Intan sukses, jam tayangnya.

Sebelumnya, ada Buku Harian Naylayang dibintangi Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. Siapa penonton Intan?Sudah pasti kaum perempuan mendominasi. Bagi mereka, sosok Intanbenar-benar mampu mengilhami kehidupan sehari-hari.

Konflik Tidak Monoton

Tidak seperti aslinya yang manja dan kekanak-kanakkan, di Intan, Naysilla justru digambarkan sebagai sosok yang tegar, teguh dalam pendirian, bertanggung jawab, dan tidak mau menyusahkan orang-orang terdekatnya. Latarbelakang Intan juga suram. Kehidupannya penuh liku. Oleh ibunya ia ditelantarkan.

Beranjak remaja, Intan mulai terjerumus dengan pergaulanbebas, sampai akhirnya hamil. Sialnya lagi, belum anaknya lahir, sudahditinggal mati suaminya, Ello (Glenn Alinskie - hanya main di enam episodeawal). Sebenarnya apa yang terjadi pada Intan boleh disebut karmaorangtuanya di masa lalu. Kala itu, ibu Intan, Kasih (Ninok Wiryono), hamildi luar nikah akibat perbuatan Fajar, teman kuliahnya. Namun, malang menimpa Fajar, belum lama menikah, sebuah kecelakaan merenggut nyawanya. Kasih menikah lagi dengan dr.Frans (Umar Lubis). Hanya saja Intan tidakdibawa. Ia ditinggal bersama mertuanya, Lastri (Nani Wijaya).

Konflik di Intan tidak terpaku pada satu konflik saja. Walaupun benang merahnya tetap cinta. "Tapi cara menceritakannya berbeda," sebut Doddy. Di awal, konflik terjadi antara keluarga Intan dengan keluarga Ello. Ibu Ello,Yana (Meriam Bellina), yang tadinya rada sulit menerima Intan, akhirnya senang juga dengan kehadiran Intan di rumahnya. Yana malah tambah sayang.

Konflik kembali terjadi ketika Intan bertemu dengan Kasih yang menderita penyakit ginjal dan diharuskan melakukan transplantasi ginjal. Tapi, tak satupun donor yang cocok. Satu-satunya yang cocok hanya milik Intan yangbersedia mendonorkan ginjalnya, walaupun mendapat tentangan sana sini. Konflik lain lagi, Intan jatuh cinta dengan Rado, seorang dokter. Intan mulai mengalami pergolakan batin. Rado tahu Intan juga menaruh hatipadanya.

"Sebenarnya masa lalu kita (Rado dan Intan) sama-sama suram. Rado anak haram, Intan nggak jelas orangtuanya. Akhirnya yang menyatukan kita emang itu," kata Dude. Sayang, mereka satu sama lain tak ada yang beranimengungkapkan. Intan tak mau mengkhianati cinta suaminya yang telah meninggal. Rado pun juga tak bisa menunggu lama.

"Setelah ini ada konfliklagi yang muncul. Mengaturnya sangat praktis. Cerita di Intan justru tidakberbelit-belit atau berputar di situ-situ saja," kata Doddy. "Ceritanyacukup kuat, ritmenya, dan konflik-konfliknya sudah cukup jelas," tambah Dude. Menurut Doddy, sisi lain menariknya Intan, tak ada tokoh antagonis. "Semua protagonis."

Hanya saja, protagonis itu bermacam karakter. "Ada sisi-sisi manusia yang buruk, tapi bukan jahat. Nah, begitu juga karakter-karakter di Intan," kata Doddy. "Makanya, saya paling senang menggarapnya karena pemain yang adacocok dengan karakter yang ada. Saya selalu bikin itu dengan hati. Saya minta para pemain berakting dengan hati juga. Soalnya, kalau mereka memainkan dengan hati, saya menggarap dengan hati, dan penonton juga pastiakan menonton dengan hati," ungkap Doddy menggebu-gebu.

Apa nilai-nilaiyang terkandung di Intan? Kebersamaan dalam keluarga serta tegar menghadapicobaan hidup. "Saya berharap terus panjang dan bisa terus membawa hati penonton agar tetap terpaut pada Intan," harap Dude.

(Indra Kurniawan, Tabloid Bintang Indonesia, No.822, TH-XVI, Minggu Keempat Januari 2007)

(ray/adm)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    27 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.479 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.731 respon
  3.  
    13 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    681 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.539 respon

Total Respon: 5.430
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft