Mon, 08 Apr 2013 15:54:11 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

"Pee Mak": Melihat Kekonyolan Mario Maurer dalam Parodi Kuntilanak Thailand

Pee Mak adalah sebuah horor komedi yang mengadaptasi dongeng kuntilanak terkenal dari Thailand; Nang Nak


"Pee Mak": Melihat Kekonyolan Mario Maurer dalam Parodi Kuntilanak Thailand

PENIKMAT film Thailand tentu familiar dengan aktor Mario Maurer.

Sejak sebuah jaringan bioskop rajin menayangkan film produksi Thailand, tampang imut Mario membetot perhatian ABG sini. Peran Mario yang paling populer di sini, sebagai P'Shone dalam film Crazy Little Thing Called Love (CLTCL, 2010).

Dalam Pee Mak, jangan harap melihat Mario tampil rapi dan cool seperti di CLTCL. Di Pee Mak, Mario tampil dekil dan konyol (tetap ganteng, kok). Pee Mak adalah sebuah horor komedi yang mengadaptasi dongeng kuntilanak terkenal dari Thailand; Nang Nak.

Mak (Mario), prajurit yang pulang ke Siam untuk bertemu dengan istrinya, Nak (Davika Hoorne). Mak pulang bersama empat prajurit yang jadi temannya selama berperang. Mak senang bukan main bertemu istrinya, apalagi Nak baru saja melahirkan buah cinta mereka.

Anehnya, di kampung Mak dan Nak dikucilkan. Menurut warga, Nak, istri Mak, sudah meninggal ketika dirinya pergi perang. Jadi perempuan yang selama ini melayaninya, adalah hantu!

Setelah mengalami kejadian aneh, teman-teman Mak pun curiga bahwa Nak bukan manusia. Mereka berusaha membuktikan pada Mak bahwa Nak adalah hantu. Benarkah Nak yang cantik jelita itu bukan manusia?

**

Kisah kuntilanak Thailand ini pernah diangkat film layar lebar pada tahun 1999. Sebuah serial TV Thailand yang mengangkat kisah Nang Nak, pernah juga ditayangkan Lativi secara stripping. Berbeda dengan Pee Mak yang horor-komedi, keduanya mengusung horor-drama. Dalam versi film layar lebar 1999, Nang Nak mengambil setting perang Siam-Vietnam yang terjadi pada tahun 1831-1834.

Jika dilihat dari setting dan kostum, meski tak dijelaskan secara gamblang, Pee Mak mengambil era yang sama. Hanya saja, karena genrenya horor-komedi, maka beberapa guyonan dikaitkan dengan zaman sekarang. Maka jangan kaget jika karakternya menyebut Spiderman bahkan nama Ang Lee, sutradara Crouching Tiger, Hidden Dragon.

Tak masalah karena memang berhasil mengocok perut. Ada sih beberapa lawakan yang tak saya pahami karena mengangkat kultur Thailand. Dalam satu adegan, ada pelesetan peribahasa Thailand yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Ada pula merek eskrim yang asing di telinga saya.

Yang bikin surprise, melihat Mario membawakan karakter yang polos bin cupu, lengkap dengan cemong di wajah dan gigi hitam. Beda sekali dengan sosoknya yang bersih dan keren di CLTCL atau Friendship, seperti bukan Mario. Aktor kelahiran 4 Desember 1988 ini terlihat tidak jaim memainkan karakter konyol ini.

Sadar ceritanya populer di Thailand, sutradara Banjong Pisanthanakun pintar membuat penonton penasaran. Pria yang juga menulis skenario Pee Mak bersama Chantavit Dhanasevi ini meracik plot sedemikan rupa untuk mengecoh penonton, sampai saya sempat bertanya-tanya “apakah benar Nak sudah mati? Atau karakter lain yang sebenarnya hantu? Atau hantunya lebih dari satu?”

Banjong bukan orang baru di perfilman Thailand. Ia menyutradarai Hello Stranger; kolaborasi bareng Parkpoon Wongpoom menggarap Shutter, dan Alone; juga ambil bagian di omnibus 4bia dan Phobia 2. Meski mengedepankan komedi, unsur horor tak lantas digarap asal-asalan oleh Banjong. Riasan dan efek khusus setan cukup membuat bulu kuduk merinding.

Menonton Pee Mak membuat saya sadar, tak harus saling mengejek kekurangan fisik atau humor menjurus porno untuk menghasilkan horor-komedi yang lucu.

Porsi serba pas ini membuat Pee Mak begitu laris di Thailand. Pendapatan di hari pertama, berhasil mengumpulkan 21,2 Baht, atau sekitar 7 miliar Rupiah, angka tertinggi kedua untuk hari pertama film Thailand. Dalam sembilan hari, Pee Mak sudah melampaui 200 juta Baht atau sekitar 66,5 miliar Rupiah.

(ray/yb)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    623 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    1.049 respon
  3.  
    52 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    2.369 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    556 respon

Total Respon: 4.597
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft