Tue, 17 Apr 2012 22:46:19 GMT | By Editor Ade Irwansyah, tabloidbintang.com

Kenapa "Modus Anomali " Joko Anwar Pakai Bahasa Inggris?

saya ingin menunjukkan cerita yang terjadi di film ini tidak terjadi di Indonesia.


Kenapa "Modus Anomali " Joko Anwar Pakai Bahasa Inggris?

MODUS Anomali, film panjang ke-4 Joko Anwar, menawarkan sesuatu yang beda.

Dialog yang tersaji diucapkan dalam bahasa Inggris oleh para lelakon yang semuanya berdarah Indonesia. Kenapa Joko memilih membikin film yang sepenuhnya dalam bahasa Inggris?

Ada alasannya tentu. Menonton Modus Anomali saat media screening di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/4) pagi, terasa filmnya memang seolah tak ingin menunjukkan identitas lokasi kisahnya berlangsung. Menengok hutan cemara dan pinus yang jadi lokasi syuting film, Joko ingin mengesankan filmnya tak terjadi di Indonesia.

Saat jumpa wartawan usai nonton, Joko menerangkan pertanyaan yang paling sering didengarnya soal Modus Anomali adalah mengapa pilih bahasa Inggris. "Jawaban pendeknya," katanya, "saya ingin menunjukkan cerita yang terjadi di film ini tidak terjadi di Indonesia."

"Jawaban panjangnya," katanya lagi, "bangsa kita mengalami inferiority complex, merasa rendah diri dengan bangsa lain. Melihat ada orang luar mengangkat budaya kita, kita malah bangga. Buat saya, bahasa Inggris cuma bahasa. Cuma alat, tool."

Dalam rilis resminya, dikatakan Modus Anomali, yang diproduksi Lifelike Pictures (sebelumnya merilis Pintu Terlarang karya Joko lainnya), bercerita tentang seorang laki-laki (diperankan Rio Dewanto) yang sedang berlibur dengan istri dan dua anak merka di sebuah kabin di hutan dikejutkan kedatangan tamu yang tak mereka undang.

Sebelum dia menyadari apa yang terjadi, laki-laki itu mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Ketika ia mulai menemukan beberapa jam alarm yang tersebar di hutan itu, ia tiba-tiba harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu dengan keluarganya kembali. Sementara itu, di hutan juga sedang berlibur satu keluarga lain, yang mungkin berkaitan dengan keanehan yang sedang ia alami.

Well, setelah menonton filmnya, pesan saya, jangan percaya dengan sinopsis di atas. Bersiaplah terkejut saat nonton filmnya 26 April nanti.

(ade/ade)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    425 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    694 respon
  3.  
    52 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.519 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    340 respon

Total Respon: 2.978
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft