Sun, 27 May 2012 01:12:37 GMT | By Editor Hari Murtono, tabloidbintang.com

INDONESIAN IDOL 2012: Membedah Kekuatan Regina & Sean, Siapa Lebih Layak Juara?

Selain nyaris tanpa kesulitan melahap semua lagu, Regina dan Sean punya kualitas yang sulit ditandingi untuk kompetisi saat ini. Siapa lebih layak juara?


INDONESIAN IDOL 2012: Membedah Kekuatan Regina & Sean, Siapa Lebih Layak Juara?

BABAK Grand Final masih jauh, semua kontestan bisa tereliminasi pekan berikutnya. Tapi tak apa bila kita membahas kekuatan dua “diva” nya Indonesian Idol 2012: Sean dan Regina.

Selain nyaris tanpa kesulitan melahap semua lagu, Regina dan Sean punya kualitas yang sulit ditandingi untuk kompetisi saat ini. Apa akan cuma membahas kelebihan?Tentu saja tidak.Kelemahan keduanya akan kami bahas di sini, tentu saja sesuai kapasitas sebagai pengamat.

Meski sama-sama sering dipuji dan sama-sama punya power suara yang kuat, Regina dan Sean punya karakter berbeda dan tampak dari pilihan-pilihan lagu yang diambil.

Regina sangat nyaman dengan pilihan lagu-lagu termutakhir macam Adele, diselingi lagu-lagu lama yang nuansanya beragam kadang mellow dan bertempo sedang. Lagu-lagu Regina selalu memiliki tingkat kesulitan tinggi dan dihiasi dengan tembakan nada-nada tinggi. Tak selalu sukses, karena tak semua lagu Regina akrab untuk orang kebanyakan. Pilihan beberapa lagu macam lagu rock Van Hallen bukan penampilan yang ditunggu penonton dari seorang Regina.

Entah apa alasannya, selain lagu Beyonce, Regina belum atau memang tak suka lagu-lagu Diva macam Whitney Houston, Celine Dion, Christina Aguilera, atau Marian Carey sebagai lagu pilihan. Nah, semua itu memang soal selera, meskipun kalau orang awan reka-reka, Regina akan sangat leluasa membubuhkan emosi, kreasi, dan penjiwaannya di dalam lagu-lagu tersebut.

Tapi harus diakui sejumlah penampilan Regina “Someone Like You” “Listen” dan “Cinta” sungguh layak dikenang dan membuat semua kekurangannya pantas dikesampingkan. Bakat Regina bisa semakin berkilau di sisa minggu tersisa.

Semoga, Regina tidak terlalu banyak coba-coba dan kalaupun pilihan lagu ditentukan secara tim ada baiknya mempertimbangkan referensi dengaran penonton Indonesian Idol yang memiliki beragam latar belakang usia dan status sosial. Coba-coba bukan lagi untuk Regina dibabak selanjutnya.

Sementara Sean punya pilihan lagu yang lebih ceria dan memang sangat cocok dengan keluwesan, energi muda, serta unsur fun yang selalu dia bawa di atas panggung. Rentang nada Sean tak seluas Regina dan tiap menyanyi Sean selalu ambil resiko yang akhirnya beberapa nada terdengar nggak “goyang”.

Tapi kalau soal musikalitas, Sean tak diragukan. Satu lagu bisa dieksplorasi ABG usia 16 tahun ini dengan sangat baik. Meski mengaku suka Alicia Keys dan sudah menampilkan gaya ala idolanya dalam Merindumu-nya D’masiv, tapi penampilan Sean menggambarkan banyak sisi lain yang mungkin tidak dia sadar. Lagu “Moving On” Andien menuntun Sean bergaya dan terdengar seperti Diana Ross dan Aretha Franklin. Terlalu tinggi? Mungkin tapi coba saja bandingkan.

Yang patut dicontoh dan memotivasi kontestan lain. Sean mampu memberi banyak ide dalam tiap penampilannya, seperti menciptakan lirik Inggisnya sendiri dan terakhir menolak bergaya Queen atau Katy Perry saat membawakan lagu “Don’t Stop Me Now”. Sungguh sebuah pemandangan baru yang jarang saya lihat selama mengikuti ajang berlisensi Internasional ini. Sean seperti memberikan sepenuh hatinya untuk bisa memuaskan dirinya dan penonton.

Persamaan Regina dan Sean sama-sama kuat di nada rendah dan berbicara kaya nada. Mungkin keduanya bisa dijadikan contoh oleh Dhani-Anang soal penyanyi yang bisa memainkan nada dengan bijaksana di tiap lagunya.

Kalau dihubungkan dengan akan digelarnya Asian Idol tahun ini, siapa yang layak mewakili Indonesia? Ya, kalau keduanya bisa sampai di final. Rasanya siapa saja diantara mereka sangat layak.

Regina bisa memilih lagu yang menggelegar dan menggetarkan dengan akrobat vokalnya. Tapi Sean yang selalu tampil menyegarkan, punya modal suara, musik, bahasa Inggris yang sangat bagus dan selalu membubuhkan soul yang kuat pada tiap penampilannya.

Kedua-duanya sangat layak. Tinggal Anda yang menetukan apakah langkah mereka akan lebih jauh di Indonesian Idol.

(hari/ade)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    28 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.379 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.543 respon
  3.  
    12 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    614 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.407 respon

Total Respon: 4.943
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft