Sun, 02 Sep 2012 19:14:50 GMT | By Editor Wayan Diananto, tabloidbintang.com

Dewi Lestari Reuni dengan Rida dan Sita (RSD) dalam Album Soundtrack "Perahu Kertas"

Tidak banyak perempuan yang bisa memainkan peran ganda sebagai novelis sekaligus penulis lagu di negeri ini


Tidak banyak perempuan yang bisa memainkan peran ganda sebagai novelis sekaligus penulis lagu di negeri ini. Dee, panggilan Dewi Lestari, satu di antara segelintir itu.

Menurutnya, sejak sepuluh tahun terakhir, tidak banyak perubahan di dunia penulisan Tanah Air. “Cukup banyak nama baru dan judul-judul fenomenal, tapi sepertinya tidak ada lagi dikotomi kuat antara penulis perempuan dan laki-laki seperti pada akhir ‘90-an akhir, ketika Ayu Utami, saya, Djenar Maesa Ayu digelari ‘sastra wangi’,” Dee mengulas.

Saat ini sastra Indonesia melebur. Bukan lagi perihal laki-laki atau perempuan, tapi soal laku atau tidak laku. Karenanya, perempuan tidak perlu takut menulis dan dikotak-kotakkan. Pemilik album Out Of Shell memberi saran, “Carilah buku yang Anda suka. Tulislah sebagaimana Anda ingin membaca buku yang disuka.” Perempuan yang ingin bersuara lewat tulisan, menurutnya, harus berani belajar sekaligus berani gagal. Tidak mudah putus asa.

Terus mencoba. Giat mencari referensi buku dan membaca sebanyak-banyaknya adalah kunci berikutnya. PK salah bukti keseriusan Dee dalam menulis. Lewat karya Hanung Bramantyo ini, ibunda  Keenan Avalovita Kirana dan Atisha Prajna Tiara memulai karier baru sebagai penulis skenario.

Dee juga mengukuhkan predikat lama sebagai the singer-songwriter. Soundtrack PK ditulis Dee, termasuk “Cinta Yang Tak Mungkin” dan “Perahu Kertas”. Album soundtrack film ini jadi ajang reuni Rida Sita Dewi setelah 10 tahun berpisah. Ketiganya membawakan “Langit Amat Indah (LAI)”, yang ditulis Dee pertengahan 1996. Ide memasukkan lagu ini sebetulnya sudah cukup lama.

“Sejak menulis naskah PK, saya membayangkan inilah lagu terakhir yang akan muncul di film. ‘LAI’ saya tulis ketika sedang keranjingan Indigo Girls. Didesain untuk dinyanyikan bukan oleh solis, melainkan grup. Saya mengusulkan lagu ini dinyanyikan bersama Rida dan Sita. Ide saya disambut produser dan label. Akhirnya, terwujud!” seru Dee yang tengah menyiapkan episode kelima Supernova.

(wyn/adm)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    15 %
    Tetap menjadi motivator
    347 respon
  2.  
    24 %
    Berhenti menjadi artis
    562 respon
  3.  
    51 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.200 respon
  4.  
    10 %
    Pindah ke luar negeri
    263 respon

Total Respon: 2.372
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft