Wed, 01 Feb 2012 19:20:18 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

Sinetron “Satria” Indosiar dan Acara TVRI Ditegur KPI

Giliran Indosiar dan TVRI yang mendapat teguran dan peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).


Sinetron “Satria” Indosiar dan Acara TVRI Ditegur KPI

GILIRAN Indosiar dan TVRI yang mendapat teguran dan peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Indosiar mendapat Teguran Tertulis untuk program sinetron Satria.

Deskripsi pelanggaran yang dirilis KPI di nomor surat 32/K/KPI/01/12 tertanggal 27 Januari 2012 berbunyi:

“Pada tanggal 28 Desember 2011 pukul 19.27 WIB menayangkan beberapa adegan kekerasan berupa adegan menarik rantai besi yang diikatkan ke leher seseorang dan ditarik oleh 2 (dua) orang lainnya. Pada program juga ditayangkan adegan membacok perut dan leher dengan golok. selain itu ditayangkan membacok kepala dengan kapak. Tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar P3 Pasal 10 dan Pasal 14 serta SPS Pasal 13 ayat (1) dan Pasal 25 ayat (1).”

Satria adalah sinetron produksi Multivision Plus yang tayang di Indosiar setiap Senin-Jumat pukul 19.00 WIB. Berkisah tentang Satria (Endy Arfian), bocah yang lahir tepat pada gerhana bulan dan memiliki kekuatan super.

Kekuatan super ini lah yang diincar tokoh antagonis bernama Nyai Ratu, dengan pakaian warna merah dan mahkota kembang melati ala-ala Suzzanna. Nyai Ratu ini punya asisten dua perempuan bernama Jupe dan Depe. Tentu ini hanya nama karakter, bukan dibintangi Julia Perez dan Dewi Perssik.

Meski menggunakan lagu tema bernafaskan Islami yang dinyanyikan Maher Zein, sinetron ini cukup sering menampilkan adegan kekerasan. Hal-hal magis pun bermunculan. Terbaru, ada karakter peri yang diperankan Angelica Faustina.

Labelnya memang R-BO (Remaja dengan Bimbingan Orangtua) tapi karakter utama anak-anak dalam sinetron ini sangat berpotensi menggaet penonton anak kecil. Apalagi ratingnya stabil di kisaran 10 besar.

TVRI pun mendapat Peringatan Tertulis dengan nomor 35/K/KPI/01/12 pada 30 Januari 2012 untuk Seluruh Program Siaran Non-Jurnalistik/Non Berita .

Deskripsi pelanggaran:

Pelanggaran yang dilakukan adalah menayangkan program siaran non-jurnalistik dengan tidak menampilkan surat tanda lulus sensor dari lembaga yang berwenang dan tidak mencantumkan klarifikasi program siaran. Selain itu, juga memperhatikan surat tembusan dari Ketua Lembaga Sensor Film No. 1490/LSF/VIII/2011 tanggal 18 Agustus 2011. KPI Pusat memberikan peringatan tertulis untuk memberikan kesempatan agar memenuhi ketentuan-ketentuan hukum yang bersifat imperatif (wajib).

Semoga peringatan dan teguran KPI mampu membuat stasiun TV menayangkan program yang menghibur sekaligus aman ditonton semua lapisan masyarakat.

(ray/gur)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    588 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    973 respon
  3.  
    51 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    2.206 respon
  4.  
    12 %
    Pindah ke luar negeri
    517 respon

Total Respon: 4.284
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft