Wed, 12 Jun 2013 17:22:22 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

308: Petualangan Naya dan Mitos Nyi Roro Kidul

"308" ini membahas Nyi Roro Kidul. Namun lebih fokus pada sebuah kamar hotel di pesisir Selatan


308: Petualangan Naya dan Mitos Nyi Roro Kidul

APA peringatan yang sering Anda dengar ketika berkunjung ke pantai yang terletak di sisi selatan pulau Jawa?

"Jangan memakai baju berwarna hijau. Nanti diambil Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan."

Begitu mitos yang dipercaya masyarakat sini. Jika ada pengunjung pantai yang tewas terseret ombak, masyarakat setempat nyaris selalu mengaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul.

Kisah Nyi Roro Kidul sudah beberapa kali diangkat ke layar lebar; di antaranya; Kutukan Nyai Roro Kidul (1979), Ratu Pantai Selatan (1980), Pembalasan Ratu Pantai Selatan (1988), Susuk Nyi Roro Kidul (1993). Paling populer, versi mendiang Suzzanna yang berjudul Bangunnya Nyi Roro Kidul (1985).

Film produksi Hitmaker Studios berjudul 308 ini masih membahas Nyi Roro Kidul. Namun, 308 lebih fokus pada sebuah kamar hotel di pesisir Selatan (tidak disebutkan kota/pantai tepatnya) yang konon kerap dikunjungi Nyi Roro Kidul.

Memang ada kamar 308 di sebuah hotel yang terletak di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, yang dikeramatkan karena dipercaya pernah dikunjungi Nyi Roro Kidul. Kepercayaan yang berkembang, selain di Pelabuhan Ratu, Nyi Roro Kidul juga 'punya' kamar di hotel yang terletak di Parangtritis, Yogyakarta (kamar 33) dan Bali (kamar 327).

Karena hotel tersebut benar-benar ada, dan ada pihak yang keberatan, Hitmaker akhirnya mengubah judul Samudra Hotel menjadi judul 308.

**

308 berkisah tentang Naya (Shandy Aulia), lulusan S1 yang kesulitan mencari pekerjaan. Tak dijelaskan apa yang terjadi pada orangtua Naya, hingga dia harus merawat Aira (Yafi) sendiri, adiknya yang masih bersekolah di bangku SD.

Caca (Kimberly Ryder) dan Jefri (Marcell Domits), teman Naya, menawari Naya pekerjaan sebagai Executive Housekeeping di sebuah hotel mewah yang terletak di pantai selatan. Sena (Denny Sumargo), General Manager hotel yang tak disebutkan namanya itu, ternyata teman kuliah Naya dan menaruh hati pada lulusan Business Management itu.

Hari pertama Naya bekerja, bertepatan dengan hotel hendak ditutup sementara. Menurut Sena, hotel akan ditutup selama empat hari karena akan dilakukan fogging. Naya bingung, mengapa dia masuk saat hotel akan ditutup. Makin bingung setelah diberitahu dirinya tidak diperkenankan masuk ke kamar 308. Peristiwa aneh pun mewarnai hari-hari Naya.

**

Ada beberapa perintilan yang sebenarnya sepele tapi lumayan mengganggu dalam 308. Efek CGI yang digunakan masih terbilang kasar untuk film layar lebar. Akibatnya, adegan bawah lautnya kurang meyakinkan.

Pakaian yang dikenakan Shandy, eh, Naya juga terlalu mewah. Perempuan yang kesulitan membayar tagihan kok memakai dress untuk baju tidur? (Jika jeli, Anda tentu tahu di opening title ditulis dengan besar PERANCANG BUSANA: SHANDY AULIA COLLECTION). Satu lagi, perhatikan bibir Denny di adegan-adegan awal. Duh, lip-gloss-nya shining banget.

Mengusung genre horor, film besutan Jose Poernomo ini tidak terjebak pada eksploitasi pemunculan dedemit dan lelembut. Penonton diajak melihat kegundahan yang dialami Naya. Dia butuh uang, namun juga tidak bodoh. Sadar ada hal yang aneh, Naya pun melakukan penyelidikan. Sebuah adegan memperlihatkan dia nekad menyelinap ke ruang arsip, ruang HRD, sampai mencoba memasuki kamar 308. Dari sini, perlahan tapi pasti nuansa mencekam mulai terbangun.

Twist demi twist yang dihadirkan tersusun rapi, cukup kuat menjaga curiosity sampai akhir. Acung jempol buat penata artistik yang membuat set kamar 308 begitu mistis dan mirip dengan ilustrasi yang selama ini diyakini masyarakat.

**

SIAPA PEREMPUAN ITU?

Sosok Nyi Roro Kidul sempat divisualisasikan. Diperankan oleh perempuan cantik, yang saya tidak tahu siapa nama aslinya. Saya berusaha mencari nama pemerannya di credit title, tapi tidak ketemu. Apakah saya terlewat, atau memang pemeran Nyi Roro Kidul tidak ditulis?

(ray/gur)

Foto-foto: dok.Hitmaker Studios

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    796 respon
  2.  
    1 %
    Eddies Adelia
    142 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    791 respon
  4.  
    42 %
    Dewi Sandra
    2.716 respon
  5.  
    9 %
    Rizty Tagor
    566 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    697 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    836 respon

Total Respon: 6.544
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft