okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 11 May 2012 12:17:19 GMT | By mega, okezone.com

Festival Film Bandung Dihelat Besok



Festival Film Bandung Dihelat Besok

BANDUNG - Festival Film Bandung (FFB) kembali digelar. Ajang anugerah film terbesar di Jawa Barat ini, akan dihelat di halaman Gedung Sate dan Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Sabtu 12 Mei 2012 pukul 19.00 WIB.

Pengumuman Film dan Narafilm Terpuji FFB 2012 akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan, serta akan ditayangkan live di salah satu televisi swasta nasional. Acara ini didukung Forum Film Bandung dan Bidang Kesenian dan Perfilman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar.

Kepala Disparbud Jabar, Nunung Sobari mengungkapkan, FFB sudah berlangsung secara berkelanjutan selama 25 tahun. Kegiatannya mengumumkan Nominasi Film dan Narafilm Terpuji untuk Film (versi Bioskop) dan Sinetron (Film versi Televisi).

Pengumuman tersebut berdasarkan hasil pengamatan Regu Pengamat FFB selama satu tahun (Maret 2011-Maret 2012). Film yang diamati adalah, film-film yang diputar di bioskop-bioskop di Bandung.

"Jumlah film yang beredar di Bandung pada periode pengamatan sebanyak 87 judul film nasional, dan 114 judul film impor," sebut Nunung, di Bandung, Jumat (11/5/2012).

Pada periode yang sama, Regu Pengamat Sinetron FFB mengamati 327 judul sinetron, baik sinetron serial maupun sinetron lepas (FTV) yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi.

Lebih lanjut Nunung mengungkapkan, di usianya yang ke-25, FFB membuka lembaran baru. Yaitu puncak acara disiarkan secara langsung oleh televisi swasta nasional. Penganugerahan juga akan dihadiri artis, sineas, produser film, tokoh perfilman, mahasiswa, pelajar, seniman, dan budayawan.

Menurutnya, Kota Bandung memiliki catatan sejarah penting bagi perfilman Tanah Air. Misalnya, lahirnya film pertama di Indonesia dengan judul Lutung Kasarung. Film itu dibuat berkat terjalinnya kemitraan antara pemerintah yang pada waktu itu dijabat Bupati Bandung, RAA Wiranatakusumah V dengan pihak swasta, dalam rangka pembuatan film pada tahun 1926. Kerja sama ini mencetuskan lahirnya Festival Film Bandung.

"Banyak pekerja seni film asal Jabar yang sukses dalam meniti karir di bidang perfilman di Indonesia," jelas Nunung.

Pihaknya akan terus mendorong dunia perfilman terus mengalami kemajuan. Salah satunya, turut memberikan penghargaan film dan narafilm terpuji ini.

"Ini salah satu bentuk penghargaan kepada sineas film," tutupnya.

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    28 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.330 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.486 respon
  3.  
    12 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    590 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.356 respon

Total Respon: 4.762
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft