BeritaSatu Logo
Updated: Tue, 16 Oct 2012 15:10:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal film

Yam Laranas, Berhasil Bawa Film Horor Asia ke Layar Hollywood



Berita Satu

BERITASATU.COM - “Saya ingin menciptakan film horor Asia yang berbeda dan tidak menampilkan hantu berambut panjang dengan muka pucat.”

Nama Yam Laranas mungkin belum begitu populer di Indonesia, namun di Hollywood beberapa sineas mengenal sosoknya sebagai salah satu sutradara spesialis film horor berbakat dari Filipina.

Nama Yam Laranas mulai dikenal saat menggarap film Sigaw. Film bergenre horor itu pernah mencatat sukses di beberapa negara kawasan Asia.

Yam juga pernah menggarap film The Road, sebuah film horor yang akan ditayangkan Sabtu, 20 Oktober 2012, pukul 20.00 WIB di saluran televisi berbayar Thrill.

Yam Laranas memiliki nama asli William Laranas, seorang sutradara brilian asal Filipina dan sinematografer yang sempat berkecimpung menggarap serial drama sebelum akhirnya memutuskan fokus menggarap film horor.

Film pertamanya yang dirilis tahun 2004 berjudul Sigaw menceritakan tentang kejadian-kejadian menyeramkan di apartemen angker. Sebenarnya cerita yang diusung cukup sederhana, namun Yam memberikan "bumbu penyedap" sehingga film tersebut dapat memainkan emosi penonton.

Film ini menjadi populer bahkan Yam berhasil meraih Special Award di ajang "Brussels International Festival of Fantasy Film".

Empat tahun kemudian Yam me-remake Sigaw versi Amerikanya berjudul The Echo dan menuai pujian setelah tayang perdana di "Screamfest L.A.", lalu memenangkan penghargaan Best Cinematography & Visual Design (Young Critics Circle 2004), Best Editing/Best Sound (Young Critics Circle, 2004) dan Best Supporting Actress, Iza Calzado (Gawad Urian, 2004).

Kembali dari Hollywood, pria kelahiran 12 Desember 1969 ini lalu meluncurkan film horor keduanya Patient X dengan menghadirkan hantu lokal Filipina (aswang). Akhirnya di tahun 2011, setelah merampungkan naskah selama lima tahun, Yam meluncurkan sebuah film horor thriller psikologis yang diperankan antara lain TJ. Trinidad, Rhian Ramos, Carmina Villarroel, Barbie Forteza dan Lexy Fernandez berjudul The Road.

Film yang terdiri dari tiga bagian cerita ini mengisahkan sebuah kasus pembunuhan 20 tahun lalu yang kembali diselidiki pasca hilangnya tiga remaja di sebuah jalan tak bertuan. Yang membanggakan, film yang ditulis Aloy Adlawan ini menjadi satu-satunya film dari Filipina yang berhasil tayang secara komersial di Amerika dan mendapat pujian dari pengamat film saat ditayangkan di sana, Mei 2012 lalu.

Saat ditanya apa keistimewaan The Road, Yam secara lugas menjawab, “Saya ingin menciptakan film horor Asia yang berbeda dan tidak menampilkan hantu berambut panjang dengan muka pucat,” jelasnya.

“Saya senang melihat reaksi penonton saat screening karena mereka merespon momen horor yang disuguhkan dalam film. Jadi, sangat menyenangkan untuk melihat sebuah film dapat diterima secara universal”, imbuhnya.

Kini Yam sedang merampungkan sebuah naskah drama dan akan segera memproduksi film horor lagi yang mengambil lokasi di Manila.

“Pastinya film horor karena saya sangat menyukai genre itu dan merasa nyaman di situ untuk saat ini. It's just too much fun”, ungkap suami dari Eksekutif TV Gin de Mesa dan ayah dari Elias Lukas ini.

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Film apa yang kalian tunggu di awal 2014?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    28 %
    Captain America 2 - 4 April 2014
    1.386 respon
  2.  
    32 %
    Amazing Spider-Man 2 - 2 Mei 2014
    1.558 respon
  3.  
    12 %
    Godzilla - 16 Mei 2014
    618 respon
  4.  
    28 %
    X-Men: Days of Future Past - 23 Mei 2014
    1.409 respon

Total Respon: 4.971
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft