Thu, 21 Mar 2013 07:09:01 GMT | By Editor Ari Kurniawan, tabloidbintang.com

Santet Akan Masuk Kitab Undang-undang Hukum Pidana, Ini Tanggapan Ki Kusumo

Pengesahan Undang-undang Santet, menurut Ki Kusumo, sama seperti menyeret bangsa Indonesia kembali ke jaman batu.


Santet Akan Masuk Kitab Undang-undang Hukum Pidana, Ini Tanggapan Ki Kusumo

BEBERAPA hari terakhir media sedang diramaikan berita perdukunan. Mulai dari pengakuan Adi Bing Slamet soal Eyang Subur, hingga praktek santet yang akan dimasukkan ke dalam hukum pidana.

Sejumlah paranormal atau mereka yang memiliki kemampuan metafisik atau bahasa tradisionalnya disebut dukun, sontak berkomentar dengan adanya rencana mempidanakan ilmu santet. Paranormal Ki Kusumo, salah satunya.

Ki Kusumo menganggap rencana tersebut tak ubahnya seperti lelucon, alias mengada-ngada. Menurutnya, sangat sulit untuk membuat standarisasi untuk urusan santet yang identik dengan mistis dan dunia gaib. Pengesahan Undang-undang santet justru akan menimbulkan masalah baru.

“Sangat aneh, sebab kalau ada undang-undang santet, sama saja melegitimasi fitnah," ujar Ki Kusumo, usai mengikuti dialog RUU Santet di sebuah stasiun televisi, Rabu (20/3) malam.

"Contohnya A dan B sedang cek cok. A mengancam akan menyantet B, saking marahnya A sampai menulis di tembok pinggir jalan kalau ia akan menyantet B. B tiba-tiba meninggal karena ditabrak mobil. Apakah A akan ditangkap dengan tuduhan menyantet B? Kan tidak bisa begitu. Ini yang saya katakan rawan fitnah," urainya.

Pengesahan Undang-undang Santet, lanjut Ki Kusumo, sama seperti menyeret bangsa Indonesia kembali ke jaman batu.

“Indonesia lahir bukan dari lubang batu. Ada sejarahnya, masyarakat Indonesia dekat hal ghaib sejak dulu, termasuk soal santet. Apakah nanti akan ada polisi santet, jaksa santet atau hakim santet,” sindirnya.

Sementara itu, ahli pidana sekaligus tim perumus KUHP Santet, Muzakir, yang ikut dalam dialog tersebut mengakui bahwa Pasal Santet memang terbentur masalah pembuktian.

“Perlu ada pembuktian, dan itu dibutuhkan orang yang ahli. Nah, kendalanya disini, karena kita belum memiliki ahli yang bisa mengungkap santet dari sisi hukum,” jelasnya.

(ari/gur)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    15 %
    Tetap menjadi motivator
    281 respon
  2.  
    24 %
    Berhenti menjadi artis
    447 respon
  3.  
    50 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    919 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    202 respon

Total Respon: 1.849
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft