Thu, 11 Apr 2013 14:22:56 GMT | By Editor Ade Irwansyah, tabloidbintang.com

Perjuangan Cinta Lydia Kandou-Jamal Mirdad yang Berakhir Cerai

Kisah cinta Lydia Kandou-Jamal Mirdad sejatinya adalah sebuah perjuangan atas nama keagungan cinta. Sayang cerai.


Perjuangan Cinta Lydia Kandou-Jamal Mirdad yang Berakhir Cerai

SETIAP ada perceraian selebriti kita selalu tersentak.

Apalagi bila yang bercerai adalah mereka yang selama ini kita anggap punya keluarga harmonis yang telah teruji mampu mengarungi biduk rumah tangga hingga belasan atau puluhan tahun.

Syahdan, Kamis (11/4), kita mendapat kabar Lydia Kandaou menggugat cerai Jamal Mirdad, lelaki yang sudah dinikahinya selama 27 tahun. Kita tentu trkejut, sebab keluarga Lydia dan Jamal selama ini sepi dari gosip gonjang-ganjing. Mereka juga kerap menjadi contoh sebuah perkawinan beda agama yang harmonis.

Tabloid ini pernah mewawancarai Lydia seputar rutinitasnya menemani suami berpuasa Ramadhan pada 2007 silam. Waktu itu Lydia bilang begini, "Sudah puluhan tahun, saya melakoni rutinitas menemani suami (Jamal Mirdad-red) menjalankan ibadah puasa. Sebagai seorang perempuan yang punya suami muslim saya berkewajiban mendampingi dan menyediakan segala kebutuhan suami, termasuk menyiapkan makan sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan."

Kepada tabloid ini, Lydia juga bilang makanan favirot suaminya di bulan Ramadhan adalah masakan buatannya. "Suami saya terbiasa makan sahur dan berbuka puasa apa adanya, yang penting saya yang masak. Jadi nggak repot-repot banget. Menu favorit suami saya adalah tahu, apa pun jenis masakannya, dan tentunya buatan saya," kata Lydia.

Tentu awalnya tidak mudah menjalani pernikahan beda agama. Lydia dan Jamal merasakan itu. Kisah cinta Lydia-Jamal sejatinya adalah sebuah perjuangan atas nama keagungan cinta.

Pada 1985 majalah Tempo membuat laporan menarik tentang kontroversi pernikahan Lydia, idola remaja saat itu (bersama Rano Karno, Yessy Gusman dan Herman Felani - red) dengan Jamal, penyanyi yang melejit lewat lagu Hati Selembut Salju. Di situ disebutkan betapa sulitnya pernikahan beda agama. Lydia Kandou dan Jamal Mirdad yang kebetulan berbeda keyakinan, dijadikan salah satu contohnya. Keinginan Lydia dan Jamal untuk menikah memang mendapat tentangan keras, khususnya dari orangtua Lydia.

Apalagi beberapa pihak mulai turut campur. "Ada yang memberi informasi inilah itulah tentang Jamal. Tapi saya tak tinggal diam. Diam-diam saya melakukan penyelidikan," kata Lydia. Menjelang pernikahan Lydia-Jamal, beredar kabar bahwa Jamal Mirdad sudah menikah dan punya seorang anak di kota asalnya, Jepara.

Lydia Kandou sempat gamang. Padahal dia sudah merancang dengan matang pernikahannya dengan Jamal di sebuah kantor catatan sipil. Akibatnya, Lydia membatalkan rencana pernikahannya pada detik-detik terakhir.

Lydia setuju kala Jamal merancang lagi pernikahan yang tertunda. "Tapi pada detik-detik terakhir, saya kembali membatalkan dengan alasan belum siap," ujar Lydia.

Jamal tidak putus asa. Tapi ketika Lydia hendak membatalkan rencana pernikahannya, Jamal pun angkat bicara. "Ingat lho ini yang ketiga. Semuanya sudah dipersiapkan. Kalau kita tak jadi menikah hari ini, belum tentu bisa menikah sebagaimana yang kita harapkan," kata Jamal pelan. Lydia yang waktu itu sedang menjalani pemotretan, meminta Jamal menunggu di satu restoran. Beberapa jam kemudian, keduanya bertemu dan lalu pergi ke kantor catatan sipil untuk menikah. Para petugas di kantor catatan sipil dijadikan saksi. "Usai menikah saya memberi tahu tante. Saya minta dia memberi tahu mami. Saya takuuut sekali," aku Lydia.

Keluarga Lydia bereaksi keras. Semuanya marah. Kendati sudah bersujud, maminya tak mau menerima, bahkan pergi ke Bandung untuk menenangkan diri. Setiap hari selesai syuting, Jamal mengantar Lydia pergi ke Bandung. "Itu harga yang harus saya bayar. Nggak apa-apa. Pertama dicuekin. Lama kelamaan Mami kasihan juga. Begitu juga dengan Jamal. Dia menunggu saya di mobil. Lama kelamaan, mami luluh juga," katanya. "Sekarang, Jamal menjadi salah satu menantu kesayangan keluarga," kata Lydia bangga.

Selama menikah dengan Jamal, Lydia jarang bertengkar. "Mas Jamal itu sabarnya minta ampun. Dia paling takut menyinggung perasaan saya," ungkap Lydia yang pernah meraih pIala Citra bareng Jamal untuk peran mereka di film Ramadhan dan Ramona (1992). Lydia bersyukur karena dia dan Jamal sama-sama tak menyukai keramaian. Mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama keempat anaknya, Hanna Natasya atau Nana Mirdad (lahir 14 Maret 1985), Kenang Kana (5 Februari 1987), Naysilla Navulani atau Nay Mirdad (23 Mei 1988) dan Nathana Gaza (9 September 1992).

Tapi seperti petir di siang bolong, kita kemudian dibuat kaget: pasangan yang kita kira rumah tangganya harmonis, sepi dari gosip, ternyata bubar juga.

Amat disayangkan mengingat perjuangan cinta mereka dahulu ...

(ade/ade)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    415 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    675 respon
  3.  
    52 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.470 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    330 respon

Total Respon: 2.890
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft