Fri, 06 Jan 2012 16:53:15 GMT | By Editor Julian Edward, tabloidbintang.com

Inul Daratista: Membangun Kerajaan Bisnis dengan Kerja Keras

Inul Vizta menjadi lokomotif yang membawa Inul meraih mimpi. Kalau mengingat masa lalu, Inul Vizta lahir dari kegamangan Inul, ketika pencekalan untuk tampil di ruang publik menjadi hantu yang paling menakutkan.


Inul Daratista: Membangun Kerajaan Bisnis dengan Kerja Keras

BELASAN tahun lalu, di pelosok Pasuruan, Jawa Timur, seorang gadis belia merenda mimpi. Tak setinggi langit, kok. Si gadis hanya ingin meluluhkan hati sang ayah, bahwa memilih menjadi musisi tak selalu identik dengan menderita di hari tua. Maklum, si ayah tak pernah setuju anak gadisnya menjadi penyanyi dangdut.

Akhir 2011, Ainur yang menjelma menjadi Inul Daratista (32) bukan saja menunjukkan kepada sang ayah, tapi juga membuka mata banyak orang. Kisah Inul penuh drama, namun berakhir bahagia.

Berkali-kali dijatuhkan, karena goyangan dangdut yang dianggap tak senonoh sampai dicekal banyak ormas, Inul tetaplah Inul. Ia bertahan. Melalui pusat karaoke Inul Vizta, Inul sukses membangun kerajaan bisnis dengan total aset triliunan rupiah.

“Aku seperti ini karena sejak awal aku bertekad ingin menunjukkan kepada Bapak, menjadi pedangdut tidak berarti sengsara di hari tua. Pedangdut tidak selalu bisa diajak ke tempat tidur. Aku ingin menunjukkan, dengan bekerja keras, aku bisa meraih mimpiku,” sebut Inul.

Selain bisnis karaokenya yang menggurita, Inul mulai menjajaki menjadi importir makanan kesehatan dari Korea Selatan.

Kalau Mau Jadi Kepala Naga, Harus Inovatif

Inul Vizta menjadi lokomotif yang membawa Inul meraih mimpi. Kalau mengingat masa lalu, Inul Vizta lahir dari kegamangan Inul, ketika pencekalan untuk tampil di ruang publik menjadi hantu yang paling menakutkan.

“Pada 2005, setiap hari aku dicekal untuk tampil, sampai-sampai aku tidak punya job sama sekali. Aku tidak tahu harus berbuat apa. Aku pergi ke rumah Tante Titiek Puspa dan menangis. Selanjutnya, aku dan Mas Adam (suami) memutuskan untuk membangun usaha karaoke,” kenang Inul. Sebagai modal awal, Inul menggelontorkan uang Rp 5 miliar dan membuka outlet pertama di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Enam tahun berselang, Inul berhasil mendirikan 80 outlet Inul Vizta di puluhan kota di Indonesia. Wajar, kesuksesan Inul kini banyak diikuti artis lain yang merintis usaha serupa. Inul justru senang punya banyak pesaing.

“Suami selalu bilang, kalau tak mau rugi, jangan dagang. Kalau tak mau ada pesaing, jangan buka usaha. Aku menganggap ini acuan untuk berbuat lebih baik lagi. Aku ingin menjadi kepala naga, yang selalu ada di depan, bukan buntut yang mengekor kesuksesan orang lain. Jadi, aku selalu berusaha inovatif,” tandas Inul.

Dalam waktu dekat, Inul berencana membuka tempat karaoke premium. Namanya, Biangnya Inul Vizta.

“Layanannya pun premium karena memang ditujukan untuk kalangan high class,” ungkap Inul. Selain itu, ia tengah menjajaki kerja sama untuk membuka Inul Vizta di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Inul membagi kiat bisnisnya: komitmen. Inul meretas usaha bersama sang suami. Adam Suseno mengurusi keuangan, sedangkan Inul terjun ke lapangan menemui para rekan bisnis.

“Kami saling percaya. Aku yakin dengan pengelolaan uang yang dilakukan Mas Adam. Matematikanya pintar sekali. Sebisa mungkin, grafik perusahaan kami selalu naik, tak pernah ada kebobolan,” sebut Inul.

Sedangkan tugas Inul variatif. Dari mulai lobi-lobi bisnis sampai mengurusi perizinan membangun tempat hiburan di daerah-daerah.

“Tak semua daerah punya izin untuk tempat hiburan. Jadi, saya harus babat alas mendatangi satu per satu pejabat terkait untuk mengurus perizinan dan meyakinkan mereka, karaoke kami aman untuk keluarga. Nah, biasanya, kalau izin untuk membuka usaha karaoke keluar, barulah perusahaan lain ikut-ikut membuka. Ibaratnya, aku yang bekerja keras mereka yang menangguk untung,” jelas Inul.

“Tapi tak apa, masyarakat akan melihat perjuangan saya. Mereka akan tahu bahwa saya menjadi seperti ini karena benar-benar bekerja keras,” pungkas Inul.

(jul/gur)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    758 respon
  2.  
    2 %
    Eddies Adelia
    139 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    763 respon
  4.  
    42 %
    Dewi Sandra
    2.605 respon
  5.  
    8 %
    Rizty Tagor
    532 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    675 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    798 respon

Total Respon: 6.270
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft