Updated: Sun, 15 Jan 2012 06:04:01 GMT

Peluncuran Film "Fetih 1453" Dikecam Yunani

Peluncuran film Turki Fetih 1453 menuai Kontroversi lantaran dinilai berbau Propaganda oleh rakyat Yunani.


Peluncuran Film "Fetih 1453" Dikecam Yunani

Liputan6.com, Basra: Setelah sebelumnya serial drama televisi Turki laku di negara tetangganya, Yunani, kini Turki mencoba merilis film besar. Namun, tidak seperti serial drama TV yang membawa respons positif, film yang bertajuk Fetih 1453 malah membawa angin negatif bagi Yunani. Peluncuran Film ini menuai kontroversi di Yunani lantaran dianggap berbau SARA dan propaganda Islam.

Seperti dikutip dalam laman worldbulletin.com, Sabtu (14/1), warga Yunani mengecam adanya film yang bercerita tentang perebutan Kota Konstantinopel oleh umat Islam ini. Pasalnya, penduduk Yunani yang sebagian besar beragama Kristen merasa dilecehkan dan dihina.

Dalam sebuah artikel tentang film Fetih 1453 yang diterbitkan di situs internet Yunani, Rabu lalu, ratusan warga Yunani memberikan komentar bernada marah dan tidak suka atas kemunculan film tersebut.

Sebuah artikel yang diterbitkan di situs internet Yunani menyebut film itu sebagai "US$ 17.000.000 senilai propaganda penaklukan Turki."

Film yang diproduksi dengan anggaran sebesar US$ 17 juta atau sekitar Rp 158 miliar ini menjadikannya sebagai film Turki yang paling mahal sepanjang masa. Film ini direncanakan akan dirilis di bioskop di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Prancis, Uni Emirat Arab dan Inggris pada Februari mendatang.

Film ini berceritakan tentang penaklukan Kota Konstantinopel yang kini bernama Istanbul. Umat Islam yang dipimpin oleh Muhammad al-Fateh berhasil merebut Konstantinopel yang saat itu dikuasai oleh orang Byzantium yang beragama Kristen Ortodoks pada 1453 silam.(ADO)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    593 respon
  2.  
    23 %
    Berhenti menjadi artis
    985 respon
  3.  
    52 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    2.232 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    519 respon

Total Respon: 4.329
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

berita selebriti

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft