BeritaSatu Logo
Updated: Wed, 21 Nov 2012 10:11:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal budaya

Konser Karawitan Muda Indonesia Dapat Sambutan Meriah



Berita Satu

BERITASATU.COM - Sebuah apresiasi akan nilai-nilai budaya dan kesenian Tanah air, khususnya musik tradisional yaitu Konser Karawitan Muda Indonesia (KMI) kembali digelar pada 20-21 November 2012.

Bertempat di Gedung PPHUI, kawasan Rasuna, Jakarta Selatan, Konser KMI yang keenam kali ini menghadirkan enam kelompok penampil beranggotakan anak muda berusia 17-25 tahun dari daerah-daerah di Indonesia.

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk badan UNESCO, sebagai penggagas konser ini, Prof Arief Rahman menjelaskan pemilihan kategori pemain yang muda belia tak lain karena tujuan awalnya untuk menjaga nilai budaya agar tidak punah.

Satu hal , perhelatan ini sekaligus membangun tren baru dalam kehidupan kawula muda Indonesia.

"Ini regenerasi. Ternyata di daerah masih dipertahankan. (Komposisi dan tariannya) Banyak yang sangat rumit dan magis," tutur Arief ketika ditemui di sela-sela Konser Karawitan Muda Indonesia Keenam di PPHUI, Jakarta, Selasa (20/11).

Konser yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB itu dibuka dengan penampilan menawan dari Yayasan Kesenian Batara Gowa, Makassar, Sulawesi Selatan yang membawakan komposisi musik berjudul Mappadendang.

Lembaga Seni Budaya Kumala Kutai Kartanegara kemudian tampil membawakan sebuah komposisi musik yang dibarengi dengan tarian khas Kalimantan Timur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan para kelompok penampil yang saling unjuk kebolehan memainkan alat-alat musik tradisional maupun tarian-tarian daerah seperti misalnya kelompok SMK Negeri 1 dan 2 Kasihan (Bantul, Yogyakarta) membawakan komposisi musik Eling-Eling, SMK Negeri 7 Padang (Sumatra Barat) membawakan komposisi musik Bagurau, Sanggar Tarawangsa Jatirahayu (Rancakalong, Jawa Barat) membawakan sinopsis komposisi Tarawangsa yang merupakan seni tradisi dalam upacara ritual, dan Lembaga Kesenian Bali Saraswati (Bali) yang membawakan komposisi musik Tabuh Kebyar Jaya Semara.

Semua itu dibawakan dengan penuh antusias oleh para penampil. Karya musik tradisional yang orisinil nampak begitu kuat nilai artistiknya. Bahkan para tamu undangan yang berasal dari berbagai negara seperti Venezuela, Austria, Portugal, China, Belanda, Pakistan, Uzbekistan, Kuba, Australia, Palestina, Kanada dan Maroko kagum dengan penampilan pemuda-pemudi nasional yang mampu memainkan komposisi musik dan tarian tradisional yang sangat apik.

Pertunjukan ini masih dapat disaksikan di PPHUI pada Rabu (21/11) pukul 16.00 WIB tanpa dipungut biaya.

1Komentar
24 Nov, 2012 00:34
avatar
siip mantaap budayakan bangsa kita....terus jangan berhenti..
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    690 respon
  2.  
    1 %
    Eddies Adelia
    117 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    693 respon
  4.  
    42 %
    Dewi Sandra
    2.410 respon
  5.  
    9 %
    Rizty Tagor
    491 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    623 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    739 respon

Total Respon: 5.763
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...

berita selebriti

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft