BeritaSatu Logo
Updated: Tue, 27 Nov 2012 10:11:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal budaya

Bali Gunakan Kearifan Budaya Lokal Cegah Konflik Etnis



Berita Satu

BERITASATU.COM - "…. Belum banyak ada multikulturisme yang begitu indah seperti di Bali."

Masyarakat dengan beragam budaya atau multikultur dari beragam etnis yang hidup berdampingan di Bali dinilai merupakan faktor dalam mendukung pariwisata di Pulau Dewata.

Selain karena budaya Bali sendiri, etnis lain ikut memberikan warna dan dukungan sehingga terjadi multikultur untuk mencegah konflik. 



"Dengan multikultur ini menjadi daya tarik dan membuat wisatawan datang ke Bali," kata Wakil Gubernur Bali, Anak Agung Puspayoga, seusai membuka Seminar Multikulturisme Dalam Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata yang digelar di Sanur, Denpasar, Selasa (27/11).
 


Pupspayoga mengatakan, Pulau Dewata tidak memiliki kekayaan sumber daya alam dan keindahan alam yang melimpah seperti di daerah lain.

Namun budaya dari berbagai etnis di Indonesia telah terjalin dan menyatu sejak zaman dahulu di Pulau Dewata yang berpenduduk sekitar 3,8 juta jiwa itu.



"Di daerah lain masih banyak ada alam yang lebih indah, tetapi belum banyak ada multikulturisme yang begitu indah seperti di Bali," katanya.
 


Menurutnya, ada sekitar 35 etnis dari berbagai daerah yang hidup rukun di Pulau Dewata, di antaranya etnis Jawa, Flores, Padang, Ambon, Sunda, Kalimantan hingga etnis Tionghoa.



Namun, kata Staf Ahli Menteri Bidang Multikultur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Untoro Drajat, beragam etnis dan latar belakang agama yang berbeda tersebut bukanlah sebuah halangan. Justru, lanjut dia, kehidupan masyarakat di Bali begitu harmonis di tengah keragaman budaya tersebut.

"Nilai-nilai kearifan budaya lokal dinilai menjadi salah satu hal pokok yang relevan untuk dikedepankan masyarakat multikultur dalam mencegah terjadinya konflik antaretnis yang belakangan ini kembali menghangat," katanya.



Menurutnya, ujung dari kearifan budaya lokal tersebut adalah empat pilar bangsa yakni Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dia mengemukakan harus ada komitmen dan komunikasi bersama dari beberapa pihak karena masyarakat Indonesia yang banyak berlatar budaya berbeda.



"Perpindahan etnis dari satu tempat ke tempat lainnya sering terjadi friksi, sehingga harus ada langkah dan komitmen bersama seperti komunikasi dan kesederajatan antara satu dengan lainnya," ujarnya.



Sehingga dengan makin baiknya hubungan budaya antaretnis Indonesia diharapkan akan berimplikasi terhadap pembangunan nasional salah satunya di sektor pariwisata.

"Kalau budaya masyarakat itu tenang, pastinya berdampak terhadap peningkatan pariwisata," kata Hari.

1Komentar
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    803 respon
  2.  
    1 %
    Eddies Adelia
    145 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    797 respon
  4.  
    42 %
    Dewi Sandra
    2.742 respon
  5.  
    9 %
    Rizty Tagor
    570 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    705 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    844 respon

Total Respon: 6.606
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...

berita selebriti

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft