BeritaSatu Logo
Updated: Tue, 27 Nov 2012 09:11:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal Hiburan

Artefak Dipamerkan di 10 Museum di Indonesia



Berita Satu

BERITASATU.COM - Berharap pameran itu bakal menumbuh kembangkan minat anak untuk mengunjungi museum.

Rumah Budaya Fadli Zon bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia Padangpanjang menggelar pameran artefak dari 10 museum di Indonesia, pada 26 -29 November.

"Kami ingin memunculkan kembali benda budaya yang ada di museum sebagai tempat pengetahuan," ujar Manajer Rumah Budaya Fadli Zon dan The Aie Angek Cottage Edin Hadzalic, di Padangpanjang, kemarin.

Dia mengatakan, pameran seni rupa dan koleksi artefak tersebut untuk menggali dan mendefinisikan benda budaya yang sejatinya sebagai jati diri bangsa.

Saat ini, katanya, masyarakat lebih memilih datang ke mall dibanding ke museum. Bahkan banyak masyarakat yang tidak tahu mengenai aneka koleksi yang ada di museum. "Untuk itu kami mengundang perwakilan dari 10 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala yang ada di Indonesia dalam acara pameran artefak ini," kata dia.

Dia mengharapkan acara itu mampu menumbuh kembangkan minat anak-anak untuk mengunjungi museum. "Museum akan diubah dari tempat yang tidak menarik menjadi tempat yang menyenangkan," ujarnya.

Rektor ISI Padangpanjang, Prof Mahdi Bahar, mengatakan, dalam pergelaran itu akan ditampilkan koleksi-koleksi unggulan yang perlu diketahui masyarakat umum. "Sehingga masyarakat yang datang mengetahui peninggalan nenek moyang dan pentingnya menjaga peninggalan sejarah," ujarnya.

Pameran artefak itu akan menampilkan sebuah kemasan pameran koleksi yang dimiliki museum yang ada di Indonesia dan ribuan koleksi benda budaya yang ada di Rumah Budaya Fadli Zon.

Koleksi yang dipajang pada pemeran itu terdiri atas benda kebudayaan kuno yang mencerita perjalanan bangsa Indonesia, ruang informasi dan publikasi.

Selain itu juga akan digelar berbagai acara yakni pameran, diskusi, pemutaran film, serta seminar.

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Siapa selebriti yang cantik dalam berhijab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    12 %
    Marshanda
    820 respon
  2.  
    2 %
    Eddies Adelia
    150 respon
  3.  
    12 %
    Lyra Virna
    810 respon
  4.  
    41 %
    Dewi Sandra
    2.796 respon
  5.  
    9 %
    Rizty Tagor
    590 respon
  6.  
    11 %
    Oki Setiana
    722 respon
  7.  
    13 %
    Nuri Maulida
    855 respon

Total Respon: 6.743
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

lainnya...

berita selebriti

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft