http://www.kapanlagi.com/
Tue, 05 Feb 2013 15:57:00 GMT | By Editor KapanLagi.com, Selebriti

Inggrid Kansil Terima Gelar Kehormatan Keturunan Raja Mangana

KAPANLAGI.COM - Pesinetron yang juga anggota DPR RI, Inggrid Kansil dianugrahi gelar kehormatan oleh keturunan Raja Mangana Kansil oleh Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro atau Sitaro.


Inggrid Kansil Terima Gelar Kehormatan Keturunan Raja Mangana

KAPANLAGI.COM - Pesinetron yang juga anggota DPR RI, Inggrid Kansil dianugrahi gelar kehormatan oleh keturunan Raja Mangana Kansil oleh Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro atau Sitaro. Pemberian gelar dilaksanakan bertepatan pada kegiatan Perayaan Gelar Seni Budaya Adat Tulude 2013.

" Alhamdulillah masyarakat Kepulauan Siau, Sitaro memberikan kepercayaan pada saya dengan diberikan gelar keturunan Raja Mangana Kansil. Yang pasti ini sebuah beban bagi saya bagaimana menjalakan dengan baik, seperti menjaga etika agar tidak berdampak negatif," ungkap Inggrid Kansil melalui sambungan telepon, Minggu (3/2).

" Dengan begitu saya juga harus memberikan terbaik untuk membawa amanah tersebut terutama mengembangkan adat budaya dari leluhur nenek moyang," sambung istri Menteri Koperasi dan UKM Sarief Hasan ini.

Dia dianggap sebagai salah satu keturunan yang berprestasi selama menjalankan karir. Inggrid pun berjanji akan berusaha mendorong pemerintah pusat agar peduli kebudayaan Indonesia yang beragam. Gelar kehormatan itu sebuah kehormatan sekaligus amanah yang harus senantiasa dijaga.

Sementara Gelar Seni Budaya Adat Tulude 2013 merupakan momentum berharga yang kental nilai adat di dalamnya. Acara ini jatuh setiap Januari, yang bertujuan salah satunya menjaga kearifan lokal.

" Ilmu dan budaya merupakan sesuatu yang lekat dalam pewarisan nilai leluhur kita. Para leluhur telah memberikan banyak pelajaran dan semangat kehidupan. Nilai dan hak masyarakat adat perlu terus ditata oleh negara untuk selalu diwariskan dan dilindungi," ungkapnya.

Gelar tersebut, sejalan dengan tugas Inggrid sebagai Anggota DPR RI, yang tengah membahas RUU Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat.

" RUU ini diperlukan untuk memberikan kepastian hukum atas keberlangsungan komunitas masyarakat adat dalam mempertahankan tradisi dan budayanya," ungkapnya.

Masyarakat adat memiliki hak ekonomi, perlindungan dan pemilikan tanah ulayat, mempertahankan kepercayaan spiritual hingga pewarisan nilai budaya. Karena itu perlindungan dan pengakuan masyarakat adat harus terus diperjuangkan melalui sebuah undang-undang. (kpl/kpl/gum/dar)

0Komentar

Iklan

poling hiburan

Apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup Marshanda?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Lihat Hasil

  1.  
    14 %
    Tetap menjadi motivator
    356 respon
  2.  
    24 %
    Berhenti menjadi artis
    580 respon
  3.  
    51 %
    Berobat ke Rumah Sakit
    1.250 respon
  4.  
    11 %
    Pindah ke luar negeri
    270 respon

Total Respon: 2.456
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video hiburan

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft